Kodim Bantu PMI Cukupi Kebutuhan Darah

Kodim Bantu PMI Cukupi Kebutuhan Darah

DONOR DARAH - Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman mendampingi Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki meninjau jalannya kegiatan donor darah di Aula Pemkab Batang, Selasa (15/8/2023).-Dhia Thufail-

BATANGKodim 0736/Batang memberikan dukungan pada Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang dalam upaya memenuhi stok kantong darah. Dukungan itu terlihat pada gelaran Bhakti Sosial donor darah yang diinisiasi Kodim 0736/Batang di Aula Pemkab Batang, Selasa (15/8/2023).

Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman mengatakan selain sebagai bentuk dukungan, kegiatan sosial itu digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI.

“Kegiatan ini sesuai arahan dari Kodam IV/Diponegoro dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI. Kegiatan tersebut juga dilakukan secara serentak oleh seluruh Satuan Teritorial dan Satuan Tempur yang berada di bawah Kodam IV/Diponegoro,” ungkap Dandim.

Dandim menargetkan capaian kantong darah dari kegiatan sosial itu bisa terkumpul 150 kantong. "Semoga bisa melebihi target yang diharapkan, sehingga kebutuhan darah di PMI setempat bisa tercukupi," ungkapnya.

Ia memastikan, apabila target pasokan darah sudah terpenuhi, anggota akan langsung mendistribusikannya ke PMI Kabupaten Batang. "Semoga bisa memenuhi kebutuhan darah masyarakat Batang," harapnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Kodim 0736/Batang dalam membantu memenuhi persediaan pasokan darah PMI.  "Yang sudah daftar ada 150 calon pendonor. Dan sudah dimulai sejak pagi ada 40 orang, yang lainnya masih dalam antrean," bebernya.

Ia mengharapkan, stok darah di PMI tercukupi dan dapat membantu masyarakat Batang maupun sekitarnya yang membutuhkan darah.

Salah satu pendonor, Nada Salma Salsabila siswi SMA N 2 Batang mengutarakan keinginannya mendonorkan darah karena murni dari diri pribadi untuk membantu warga yang membutuhkan darah.

"Secara Kesehatan, orang yang sering mendonorkan darah, justru membuat kondisi tubuhnya semakin fit dan prima, karena ada pergantian sel darah secara berkala," tandasnya. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: