Picu Obesitas hingga Tingkatkan Risiko Diabetes, Waspadai Bahaya Kebanyakan Makan Durian

Picu Obesitas hingga Tingkatkan Risiko Diabetes, Waspadai Bahaya Kebanyakan Makan Durian

Buah durian-Tangkapan layar freepik.com-

Untuk pasien diabetes maupun orang yang berisiko tinggi diabetes, lebih waspada saat makan buah durian. Sebab, kebanyakan makan durian bisa memperparah gejala diabetes atau memicu diabetes.

5. Bahaya makan durian bersama alkohol

Makan durian sambil menenggak minuman beralkohol bisa berisiko fatal. Jurnal Food chemistry (2015) memuat hasil penelitian yang menyatakan bahwa dietil disulfida dalam durian dapat menghambat kerja enzim aldehyde dehydrogenase (ALDH) yang berfungsi memecah alkohol.

Bahayanya, alkohol yang gagal dipecah akan menjadi racun untuk tubuh. Keracunan alkohol dapat membuat kebingungan, tidak responsif, sulit bernapas, kehilangan kesadaran hingga koma.

Baca lagi:Baik untuk Cegah Diabetes, Ini 12 Manfaat Talas untuk Kesehatan

6. Bahaya makan durian bagi ibu hamil

Tak ada larangan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi durian, namun porsinya harus diperhatikan. Dr Patrick Chia, ahli perinatology dari Universiti Teknologi Malaysia, menjelaskan kalau ibu hamil tetap bisa makan durian asal tidak berlebihan.

Ibu hamil dengan kondisi diabetes gestasional perlu menghindari durian karena kandungan gulanya. Sementara, ibu hamil di trimester ketiga perlu menghindari konsumsi durian karena bisa mengakibatkan obesitas pada janin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: