10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh, dari Mengurangi Kecemasan Sampai Bau Tak Sedap Area Kewanitaan

10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh, dari Mengurangi Kecemasan Sampai Bau Tak Sedap Area Kewanitaan

manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh-freepik.com-

RADARPEKALONGAN – Tidak hanya ampuh untuk memberikan aroma sedap pada olahan makanan, ada berbagai manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh, lho. Mulai dari nafsu makan, nyeri sendi, sampai masalah kewanitaan.

Pengolahannya pun tidak cuma disertakan untuk makanan saja. Kamu bahkan bisa membuatnya secara khusus sebagai obat herbal. Untuk lebih jelasnya, simak daftar khasiat daun pandan untuk kesehatan berikut.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi bisa menyebabkan beberapa komplikasi serius. Misalnya stroke, penyakit jantung, dan ginjal. Biasanya ditandai dengan gejala Pusing atau sakit kepala.

Sebuah penelitian di Thailand, yang diterbitkan di Pharmacognosy Magazine pada tahun 2015 mengungkapkan daun pandan bisa bantu menurunkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut dibuktikan dengan menurunnya glukosa plasma pada tubuh relawan penelitian. 

BACA JUGA:Jangan Disepelekan, Ini Kebutuan Gizi Wanita yang Harus Dipenuhi di Setiap Fasenya!

BACA JUGA:5 Manfaat Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Bisa Meredakan Morning Sickness Sampai Mendukung Kesehatan Janin!

Cara mengonsumsinya yaitu dengan gunakan 20 lembar daun pandan, bersihkan, lalu rebus dengan 5 liter air hingga mendidih dan airnya berkurang menjadi 2,5 liter. Minumlahi seduhan air pandan tersebut sebanyak 3 kali sehari setelah makan.

2. Mengurangi Kecemasan pada Anak

Aroma daun pandan yang menenangkan tidak hanya enak di makanan tapi juga ampuh digunakan untuk meredakan kecemasan pada anak.

Menurut studi di Journal of International Dental and Medical Research, aromaterapi daun pandan yang dipadukan dengan musik relaksasi bisa menurunkan tingkat kecemasan pasien anak yang sedang menjalani perawatan gigi.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Saat kamu merasa nafsu makan berkurang, kamu bisa mengandalkan manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh ini lho. Sebab efektif untuk mengembalikan dan meningkatkan kembali nafsu makan.

BACA JUGA:10 Manfaat Minum Kopi Tanpa Pemanis Apapun, Bisa Mencegah Sakit Jantung Sampai Bantu Turunkan Berat Badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: