Jangan Disepelekan, Ini Kebutuan Gizi Wanita yang Harus Dipenuhi di Setiap Fasenya!

Jangan Disepelekan, Ini Kebutuan Gizi Wanita yang Harus Dipenuhi di Setiap Fasenya!

gizi wanita yang harus dipenuhi di setiap fasenya-pexels.com-

RADARPEKALONGAN – Kebutuhan gizi wanita dan pria tentu berbeda. Ini karena kondisi tubuh, hormon, dan fasenya juga tidak bisa disamakan. Oleh karenanya, ada kebutuhan gizi wanita yang harus dipenuhi di setiap fasenya. Sebab setiap fase pun punya kebutuhan yang berbeda.

Misalnya saat usia remaja dan lansia, keduanya membutuhkan gizi yang jauh berbeda. Lansia perlu asupan kalium yang cukup untuk beraktivitas dengan baik. Sementara remaja wanita membutuhkan asupan zat besi yang banyak karena mengalami menstruasi.

Pun begitu adanya pada fase-fase lain, gizi yang dibutuhkan tidak bisa disamakan, juga sebaiknya tidak disepelekan. Berikut kebutuhan gizi wanita yang harus dipenuhi di setiap fasenya.

Kebutuhan Gizi Wanita Usia Remaja

Tentunya ada berbagai kebutuhan gizi untuk wanita usia remaja, mulai dari berbagai vitamin dan mineral. Namun ada 2 nutrisi terpenting pada usia remaja yang harus dipenuhi.

BACA JUGA:Kecil Banyak Khasiat, 13 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh Tidak Hanya Ibu Menyusui Saja

BACA JUGA:Gak Cuma Airnya, Ada 6 Manfaat Daging Buah Kelapa untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tau, Sistem Imun Meningkat!

1. Zat Besi

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, zat besi ini sangat dibutuhkan remaja wanita terutama saat mereka mengalami menstruasi. Hal ini dibutuhkan untuk mencegah anemia, dan zat besi merupakan nutrisi untuk pembentukan sel darah merah.

Beberapa makanan dengan kandungan zat besi yaitu aging sapi, ayam, tuna, kacang-kacangan, dan sereal sebagai menu sarapan.

2. Kalsium

Selain zat besi, remaja wanita juga membutuhkan kalsium yang akan bekerja sama dengan vitamin D untuk menguatkan tulang dan gigi. Jumlah konsumisnya bahkan mencapai 1300 mg kalsium untuk anak perempuan usia 9 sampai 19 tahun. Makanan dengan kandungan kalsium yang baik yaitu susu, yoghurt, dan keju.

Kebutuhan Gizi Wanita Usia Subur

Wanita usia subur membutuhkan gizi yang lebih kompleks lagi karena akan mendukung keberhasilan program hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: