10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh, dari Mengurangi Kecemasan Sampai Bau Tak Sedap Area Kewanitaan

10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh, dari Mengurangi Kecemasan Sampai Bau Tak Sedap Area Kewanitaan

manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh-freepik.com-

BACA JUGA:Jangan Dibuang, 6 Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan Tubuh Ini Akan Kamu Dapatkan Saat Mengonsumsinya

7. Mengatasi Gejala Asam Urat

Teh daun pandan yang dikonsumsi secara rutin bisa membantu mengurangi peradangan pada sendi dan mengurangi gejala asam urat. Ikuti cara membuatnya seperti yang sudah dijelaskan ya.

8. Mengatasi Sembelit

Saat tubuh kekurangan  serat atau cairan, maka rawan terjadi sembelit. Kalau hal itu terjadi, konsumsilah jus daun pandan pada pagi dan malam hari.

Terdapat kandungan serat alami yang bisa melancarkan pencernaan. Selain dijadikan jus, teh daun pandan juga memiliki manfaat yang sama.

9. Mengobati Pegal Linu

Berbeda dengan cara pengobatan sebelumnya, manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan dengan menggosok dan mengurut bagian tubuh yang terasa sakit.

Siapkan 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar daun serai. Cuci bersih dan tumbuk sampai halus. Agar nyaman digunakan, tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura, lalu aduk hingga rata.

10. Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Vagina

Area kewanitaan bisa memunculkan bau tidak sedap. Untuk masalah tersebut kamu bisa memanfaatkan daun pandan. Caranya yaitu tumbuk halus daun pandan yang telah dibersihkan.

Kemudian tambahkan sedikit air matang dan peras sampai airnya terpisah. Ambil air perasan daun pandan dan campurkan 1 sendok madu murni.

Minum ramuan tersebut setiap malam sebelum tidur selama dua minggu berturut-turut. Kandungan zat eugenol dan minyak atsiri pada daun pandan bisa bantu menghilangkan bau tidak sedap pada vagina. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: