GKMNU Siap Majukan Peradaban Bangsa dari Level Keluarga

GKMNU Siap Majukan Peradaban Bangsa dari Level Keluarga

RESMIKAN - Launching GKMNU Kabupaten Batang di Gedung PCNU Batang. -IST -

BATANG, RADAR PEKALONGAN - PCNU Batang bersama Kemenag Batang menghadirkan Gerakan Keluarga Maslahat Nadhlatul Ulama (GKMNU). Program ini pun resmi dilaunching, Rabu (6/9/2023) di Gedung PCNU Kabupaten Batang.

Ketua Satgas GKMNU Kabupaten Batang, Maulana Yusup Menyebut hadirnya GKMNU untuk membantu NU dalam membangun peradaban bangsa. Dimana akan lebih efektif jika hal tersebut dimulai dari level yang paling kecil, yaitu keluarga. 

Saat ini satgas GKMNU sudah terbentuk dari tingkat kabupaten dan kecamatan. Ke depan pihaknya masih membentuk satgas hingga tingkat desa atau ranting. 

"Kami berharap program dari NU, bisa langsung menyentuh ke masyarakat. Khususnya ke tingkatan keluarga. Karena NU punya tugas untuk membangun peradaban bangsa. Dan itu dimulai dari level yang paling kecil, yakni dari keluarga," tegas Yusuf. 

Kepala Kantor Kemenag Batang, Akhmad Farkhan melalui Kasi Bimas Islam, Sodikin menyebut hadirnya GKMNU bisa meningkatkan kualitas masyarakat. Khususnya dimulai dari tingkatan paling rendah, yakni keluarga. 

"Jadi program ini merupakan program kolaborasi Kemenag RI dan PBNU. Di Batang kita tindaklanjuti program ini. Kami melihat masih rendahnya kualitas keluarga, hal ini salah satunya dibuktikan dengan adanya 2.546 perceraian di Batang dari sekitar 8 ribu pernikahan. Oleh karenanya perlu kita kuatkan kembali kualitas keluarga, untuk membangun bangsa ke depan," jelasnya. 

Secara teknis, nantinya akan ada 45 item kegiatan yang akan dijalankan Kemenag Batang dan PCNU Batang, melalui Satgas GKMNU. Seperti bimbingan pra nikah bagi calon pengantin, bimbingan berkah keuangan keluarga, bimbingan konseling keluarga dan lainnya. 

"Nantinya akan dibentuk satgas di 50 desa kelurahan di Batang, yang akan ditunjuk untuk menjadi pilot Project," imbuhnya.  

Kemenag juga melakukan bimtek dengan PCNU, sehingga nantinya peserta bimtek bisa menjadi fasilitator, dalam mendukung kegiatan Satgas GKMNU. (Nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: