5 Manfaat Teh Buah Jujube, Salah Satunya Bisa Buat Cegah Kanker Payudara

5 Manfaat Teh Buah Jujube, Salah Satunya Bisa Buat Cegah Kanker Payudara

Manfaat teh buah jujube -Rumah sakit universitas Indonesia -YouTube

RADARPEKALONGANDISWAY.ID – Siapa sangka salah satu manfaat teh jejube bisa untuk cegah kanker payudara pada wanita.

Cara membuat teh jejube ini juga sangat mudah, dan bisa dibuat sendiri di rumah.

Buah Jujube yang belum banyak dikenal di Indonesia ini khasiatnya untuk kesehatan ternyata banyak juga lho. Bahkan sudah sering dijadikan sebagai ramuan obat di negeri Tirai Bambu.

Maklum, buah ini juga awalnya berasal dari Asia Selatan. Semenanjung daratan Asia Selatan tepatnya, seperti Pakistan, India, Iran Nepal menyebar hingga daratan Tiongkok.

Buah ini sendiri baru-baru ini dipopulerkan lagi oleh para kreator drama Korea, sehingga banyak yang penasaran ingin mencobanya.

Manfaat teh buah Jujube juga sering ditampilkan pada setiap adegan Drama Korea (Drakor).

Namun apa sebenarnya manfaat teh jujube ini bagi kesehatan ? Hal itu bisa kamu ketahui pada pembahasan kali ini

1. Menjaga Sistem Fungsi Otak

Salah satu yang bisa langsung dirasakan adalah dengan menjaga sistem fungsi otak. Dimana pada Teh buah Jujube ini terkandung senyawa yang dapat menjaga sistem di dalam otak agar terjaga dengan baik.

Bahkan lebih canggihnya lagi, senyawa ini bisa melindungi sel saraf otak yang jumlahnya sampai jutaan.

Saraf otak ini juga berfungsi untuk menggerakkan sistem motorik dan sensorik di dalam seluruh tubuh. Sehingga penting sekali buat dijaga dengan mengonsumsi manfaat teh buah Jujube ini.

Senyawa yang berfungsi secara baik terhadap perlindungan otak ini adalah Alzheimer. Bahkan tak hanya melakukan perlindungan, senyawa ini juga meningkatkan daya ingat otak.

Wajar saja para aktor Korea tersebut sering minum teh yang bahannya dari buah Jujube, karena dapat menurunkan tingkat kecemasan. Dimana kecemasan itu seringkali ditimbulkan dari pikiran manusia.

2. Meningkatkan Daya Imun

Senyawa seperti Flavonoid, Polisakarida, dan Saponin juga terkandung dalam teh buah Jujube. Itulah kenapa ketika makan buahnya atau minum teh buah Jujube dapat menjadikan tubuh selalu dalm keadaan fit dan bugar.

Salah satu sebabnya ya karena daya imun tubuh jadi lebih kuat, karena senyawa-senyawa tadi bisa meningkatkan daya imunitas tubuh. Senyawa ini berfungsi melindungi terhadap beragam bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.

Senyawa tersebut bekerja secara otomatis mencegah berkembangnya bakteri yang ditimbulkan dari radikal bebas yang jika berlebih dan tertanam di tubuh akan melemahkan sistem imunitas tubuh.

Selanjutnya bisa menyebabkan terjadi penyakit yang membahayakan. Namun hal itu bisa dicegah dengan memanfaatkan kandungan yang ada dalam teh buah Jujube ini.

Selain itu, kandungan zat dalam teh jujube juga bisa mencegah terjadinya penyakit serangan jantung dan kanker kronis.

3. Mencegah Penyakit Kanker Payudara

Manfaat teh buah Jujube ini juga bisa untuk mencegah penyakit kanker kronsi yang sering diderita oleh masyarakat sekarang ini. Diantara kanker kronis yang peling mengerikan adalah kanker payudara.

Kanker payudara ini sering jadi momok tersendiri bagi kaum hawa, makanya betul-betul harus dijaga pola makan sehat agar tidak menimbulkan penyakit.

Kandungan senyawa seperti triterpenoid yang tinggi berfungsi secara efektif membunuh benih-benih sel kanker. Diantara sel kanker kalau dibiarkan akan berkembang jadi penyakit mematikan seperti yang dialami beberapa orang.

Maka, baik sekali konsumsi teh buah Jujube karena di dalamnya mengandung beberapa senyawa yang bisa melawan bakteri jahat. Dimana bakteri jahat tersebut didapatkan dari adanya radikal bebas.

4. Melancarkan Saluran Pencernaan

Tak hanya berguna dalam pencegahan penyakit kanker, tapi juga bisa melancarkan saluran pencernaan. Jadi buat kamu yang sedang mengalami sembelit bisa dicoba manfaat teh buah Jujube. Selain bisa melunakkan kotoran.

Tidak heran karena buah jujube ini 50 persennya adalah serat. Kandungan serat ini baik untuk menstimulus salura pencernaanmu.

5. Memperbaiki Jam Tidur

Buat kamu yang sukar tidur di malam hari, maka pas sekali manfaat teh buah Jujube ini. Tak perlu pakai obat tidur agar cepat terlelap. Cukup bikin teh buah Jujube saja.

Karena Teh buah Jujube mengandung senyawa flavonoid dan Saponin ini bisa untuk menurunkan kerja saraf otak dari rasa kecemasan. Manfaat teh buah Jujube ini cocok buat kamu yang suka sulit tidur di malam hari. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc