Tak Hanya Kinerja, Guru Muhammadiyah Diminta Jaga Performa

Tak Hanya Kinerja, Guru Muhammadiyah Diminta Jaga Performa

DIKUKUHKAN - Jajaran kepengurusan FGM Kendal periode 2023-2025 secara resmi dikukuhkan oleh Ketua Majlis Dikdasmen PNF, Rabu (6/9/2023).-red/sef-

KENDAL - Para guru Muhammadiyah diminta bisa terus meningkatkan kualitas dirinya dalam upaya meningkatkan kualitas pilar pendidikan di persyarikatan. Kualitas itu tidak hanya menyangkut kinerja, melainkan juga performa guru Muhammadiyah di hadapan peserta didik maupun masyarakat.

Pesan ini disampaikan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kendal, Ikhsan Intizam, kepada para guru Muhammadiyah yang saat pengukuhan kepengurusan Forum Guru MUhammadiyah (FGM) Kabupaten Kendal periode 2023-2025 oleh Ketua Majlis Dikdasmen PNF PDM Kendal di aula dasar Universitas Muhammadiyah Kendal Batang (Umkaba), Rabu (6/9/2023).

Ikhsan Intizam menekankan pentingnya para guru Muhammadiyah meningkatkan performanya agar menjadi teladan yang baik, bagi siswa maupun masyarakat. “Performa guru Muhammadiyah sangat penting yang meliputi kinerja maupun penampilan di depan kelas dan menjadi perhatian,” kata Ikhsan seperti dilansir portal kendalmu.or.id pada 6 September 2023.

Sebagai guru berkemajuan, lanjut Ikhsan, menjaga penampilan tidak bisa dianggap sepele. Karena penting untuk nyaman dilihat dan enak didengar oleh siswa maupun masyarakat. “Penampilan yang rapi dan bersih, mengenakan jas berdasi dapat memberikan kesan yang baik pada siswa,” ujarnya.

Selain itu, ikhsan juga meminta jajaran guru Muhammadiyah untuk bangga dengan profesinya sebagai pendidik. Terlebih, karena penampilan yang berkemajuan dapat memberikan inspirasi dan motivasi pada siswa. "Pendidikan ini pilar pertama dan utama bagi Muhammadiyah, sehingga harus terus diupayakan peningkatannya, harus diprioritaskan. Karena bidang pendidikan inilah yang pertama kali dirintis Muhammadiyah, baru setelahnya rumah sakit," jelas Ikhsan Intizam.

Karena itu, dia berharap pengukuhan FGM Kendal ini tidak hanya seremoni yang artifisial. Karena para guru Muhammadiyah yang tergabung dalam FGM dituntut terus berkreasi, berinovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di setiap sekolahan.

Acara pengukuhan juga dihadiri Ketua Majlis Dikdasmen PNF PDM Kendal Sodiq Purwanto dan jajaran, serta seluruh kepala sekolah/madrasah se Kabupaten Kendal dan jajaran Majelis Dikdasmen nonformal PDM Kendal.

Sementara Ketua Majelis Dikdasmen PNF PDM Kendal, Sodiq Purwanto, mengingatkan kembali fungsi dan peran Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) pendidikan yang tidak hanya sekadar mendidik anak-anak, lebih dari itu juga sebagai pusat dakwah.

"Maka kami berharap kehadiran FGM selain sebagai sarana konsolidasi dan ghiroh para guru Muhammadiyah, juga sebagai usaha-usaha bersama dalam meningkatkan kualitas performa guru," ucapnya.

Adapun kepengurusan FGM Kendal 2023-2025 dipimpin oleh Shofiq Ghorbal yang menggantikan Sucipto. Ia didampingi Wakil Ketua Henndy Feryyanto, Sekretaris Butuk Kemisih, Wakil Sekretaris Ahamd Sofi Irwanto, Bendahara Dian Rachmawati, dan Wakil Bendahara Nursari Afiyati.

Berikutnya untuk posisi Koordinator SD, MI, SMP, MTs, SMK, SMA, MA, dan SLB secara berurutan dijabat oleh Abdul Malik, Eny Subekti dan Bukhori Muslim, Dwi Puji Rahayu, Sucipto, Pani, Siti Rofingah, Dian Arif Febrianto, dan Kunjtoro.

Usai dikukuhkan, Shofiq Ghorbal menyatakan akan meningkatkan konsolidasi dengan seluruh AUM pendidikan di Kabupaten Kendal. Sementara untuk agenda terdekat adalah menyambut Hari Guru Nasional (HGN), November mendatang. "Untuk meramaikannya, kita akan hadirkan seminar tentang pemberdayaan guru," ujarnya.

Shofiq juga berharap keberadaan FGM bisa mendorong peningkatakan kualitas guru di dalam pembelajaran di setiap sekolah/madrasah.  “Dengan meningkatkan kualitas guru, ke depan kita bisa menghasilkan kualitas peserta didik,” pungkasnya. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: