Gelar Job Fair, SMKN 1 Blado Fasilitasi Ratusan Loker dari 15 Perusahaan

Gelar Job Fair, SMKN 1 Blado Fasilitasi Ratusan Loker dari 15 Perusahaan

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki saat menghadiri Job Fair yang digelar SMKN 1 Blado-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati -

BATANG, RADARPEKALONGAN - Ratusan lowongan kerja (loker) dari 15 perusahaan dihadirkan dalam gelaran jobfair di SMKN 1 Blado, Selasa (12/9/2023).

Job fair ini pun diserbu langsung oleh ribuan siswa SMK se-kabupaten Batang. 

Hadir dalam  kegiatan ini, Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menyambut positif kegiatan ini. Lani berharap job fair ini dapat menampung para lulusan smk yang ada di Batang, sesuai kompetensi dan skill masing masing.

"Meski begitu rata-rata mereka menerima semua jurusan. Karena nanti sebelum bekerja mereka akan dilatih dulu, dan akan mendapatkan pelatihan serta pendidikan sesuai dengan job yang akan mereka terima," ujar Lani. 

Baca juga : Blusukan ke Sekolah, KUA Kecamatan Batang Ajak Pelajar Tidak Menikah Dini

Baca juga : Belajar Demokrasi, SMPN 3 Batang Gelar Pilketos Layaknya Pilpres

Tak hanya melalui job fair, untuk menyerap tenaga siap kerja, Pemkab Batang juga telah menyiapkan aplikasi website Batang Career yang dikelola Disnaker Batang. Aplikasi ini juga menjembatani pencari kerja dan pemberi kerja. 

"Artinya pemberi kerja itu memberi informasi tentang kebutuhan tenaga kerja. Kemudian pencari kerja juga mencari informasi perusahaan mana yang membutuhkan tenaga kerja yang sesuai dengan keterampilan masing masing. Jadi semua pihak baik pemerintah, swasta maupun masyarakat ini. Terlibat dalam kegiatan ataupun dalam aplikasi batang karir ini untuk penyerapan tenaga kerja," imbuh Lani. 

Lani menyebut saat ini penyerapan tenaga kerja dari lulusan SMK sudah meningkat  dibanding tahun sebelumnya. Terlebih SDM dari lulusan SMK  sudah terlatih, dan memiliki  keterampilan khusus dibandingkan sekolah umum. Sehingga mereka lebih siap kerja. 

Kepala SMKN 1 Blado, Andi Saputro menyebut ada 15 perusahaan Batang maupun luar Batang. Beberapa perusahaan yang mengikuti jobfair ini pun, ada yang sudah mendapatkan 50-80 pelamar. 

Berita lainnya: Ternyata, Ini Toner yang Bagus untuk Flek Hitam Membandel Efektif Cerahkan Wajah dan Hilangkan Kerutan

Beriga lainnya: Cuma 7 Ribuan, Viva Face Tonic Efektif Mencerahkan Wajah! Berikut Pilihan Varian Terbaiknya

Menurutnya, hadirnya job fair ini juga mematahkan stigma SMK sebagai penyumbang pengangguran terbesar. Padahal siswa SMK sudah banyak terserap di dunia kerja, baik lokal maupun luar negeri. Sayangnya, dari pendataan belum tercover karena banyaknya alumni yang bekerja di luar negeri. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: