Kaya Vitamin C, Ini Dia 6 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Tahu

Kaya Vitamin C, Ini Dia 6 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Tahu

Manfaat Buah Sawo --Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID – Siapa yang tak kenal dengan buah sawo? Pasti semua tahu kan. Tapi selain rasanya yang sangat manis, apakah kalian tahu manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh? Kalau belum, ulasan lengkapnya bisa kalian simak ya.

Soal teksturnya kamu sudah tahu kalau buah sawo ini berdaging dan warna kulitnya cokelat. Rasanya juga teramat manis tapi khas, karena kaya akan serat pula.

Buah yang teksturnya berdaging dan lembut ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Karena buah sawo ini mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, natrium, serat, energi, kalium, karbohidrat, air dan sebagainya.

BACA JUGA:Catat Baik-baik! 8 Manfaat Konsumsi Buah Kelengkeng yang Mengandung Vitamin C, Bagus untuk Peremajaan Kulit

BACA JUGA:5 Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin C, dari Sariawan Sampai Mudah Lelah

Nah, berikut ini beberapa manfaat buah Sawo yang bagus untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C yang ada pada tubuh berguna untuk menyuplai sel darah putih.

Cara kerja vitamin C ini dengan merangsang sistem produksi sel darah putih yang ada pada tubuh. Jadi sistem imun dapat terpenuhi dengan baik lewat vitamin C ini.

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang terdapat pada buah sawo matang. Nutrisi ini efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Melawan Radikal bebas

Radikal bebas yang berasal dari udara kotor kalau masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai penyakit. Maka harus diantisipasi secara efektif agar tidak menimbulkan kerugian pada tubuh.

Nah, salah satu caranya cukup konsumsi buah Sawo matang. Sebab manfaat buah sawo matang untuk kesehatan tubuh ternyata luar biasa.

Kandungan nutrisi buah sawo matang salah satunya adalah vitamin C. Nutrisi ini dapat menangkal segala radikal bebas.

3. Mengobati Sembelit

Manfaat buah sawo selanjutnya adalah dapat melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat yang ada di dalamya bagus untuk mengurangi masalah pencernaan.

Salah satu masalah pencernaan adalah diare, sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Rutin makan buah sawo akan membuat sistem pencernaan dapat berfungsi secara efektif.

Masalah pencernaan yang sering dialami orang-orang adalah sembelit. Untuk memperbaikinya, bisa konsumsi buah sawo ini untuk masalah sistem pencernaan.

4. Meredakan Demam

Buah Sawo matang memiliki khasiat yang cukup ajaib. Karena dapat menyembuhkan sakit demam dan paradangan dalam tubuh.

Hal ini karena buah Sawo memiliki sifat anti perik dan anti radang yang sangat efektif. Manfaat buah sawo matang ini bagus untuk kesehatan tubuh. Salah satu fungsinya dapat mengurangi infeksi virus dan bakteri dalam tubuh.

5. Melawan Penuaan Dini

Boleh percaya boleh tidak, ternyata manfaat buah sawo juga mampu melawan penuaan loh. Karena buah sawo matang diketahui mengandung vitamin C yang bagus untuk kesehatan kulitmu.

Vitamin C yang ada pada buah sawo ini mampu untuk menutrisi kulit dari dalam. Merangsang produksi kolagen pada kulit sehingga kulit terbebas dari segala macam masalah penuaan dini.

Salah satu fungsi vitamin C ini juga melawwan radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas yang menempel pada kulit bisa diperbaiki dengan makan buah sawo ini.

6. Mencegah Obesitas

Kandungan serat yang ada pada buah sawo ini juga berfungsi untuk menu makan diet sehat bergizi. Cocok untuk program diet karena dapat memberikan kenyang lebih lama.

Sedangkan kandungan kalori yang ada pada buah sawo ini rendah. Makanan buah yang rendah kalori bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal.

Dibandingkan dengan makan kue-kue manis yang kalorinya tinggi, mengonsumsi buah sawo jauh lebih aman dan sehat untuk menjaga berat tubuh kalian. 

Itulah beberapa manfaat buah sawo yang harus kamu tahu. Tapi tetap imbangi dengan pola hidup sehat ya, termasuk rutin berolahraga, agar manfaat sawo ini bisa kamu rasakan dengan maksimal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc