Tangani Kebakaran TPA Putri Cempo, Hari ini atau Besok Water Boombing dari BPBD Datang

Tangani Kebakaran TPA Putri Cempo, Hari ini atau Besok Water Boombing dari BPBD Datang

Pj Gubernur Jawa Tengah usai mengikuti Rapat Paripurna di DPRD Jateng, menyatakan bahwa water boombing hari ini atau besok akan tiba.-istimewa-

SEMARANG - Untuk menangani kebakaran di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Kota Surakarta, bantuan water boombing dari BNPB akan tiba hari ini atau besok.

"Penanganan (api) belum benar-benar padam. Kami putuskan minta bantuan water boombing dari BNPB. Insyaallah hari atau besok akan turun water bombing dari BNPB itu," kata Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Nana Sudjana AS, MM, saat ditemui usai rapat paripurna di Gedung DPRD Jawa Tengah, Senin (18/9/2023).

Nana menjelaskan semua administrasi untuk permintaan bantuan water boombing ke BNPB sudah dituntaskan Minggu (17/9/2023).

Nana juga sudah berkoordinasi langsung dengan Kepala BNPB tepat saat mengecek ke lokasi bersama Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

"Kemarin kami mengecek terjadinya kebakaran di TPA Putri Cempo Solo. Lahan TPA seluas 17 hektar yang terbakar 2 hektar. Tapi sudah dilokalisir dan kemarin kita mengerahkan 59 damkar dari Soloraya, Semarang, dan kami minta bantuan juga ke DIY dan water canon dari Polri. Petugas itu ada sekitar 350 personel termasuk TNI-POLRI," katanya.

Sementara terkait perkembangan penanganan kebakaran TPA Putri Cempo hingga saat ini masih terus dilakukan. Kobaran api sudah tidak ada sejak kemarin namun masih ada titik api dan kepulan asap dari tumpukan sampah.

Maka dari itu water bombing dibutuhkan untuk mempercepat proses dan memastikan api benar-benar padam karena masyarakat juga terkena dampak asap.

"Alhamdulillah sudah mulai menurun karena memang disana bagus untuk penataan TPA itu, jadi dibuat per blok. Jadi ada jalan yang memisahkan antarblok sehingga hanya 2 hektar yang terbakar," ungkapnya.

"Memang ada masyarakat yang terdampak dari asap itu makanya kami usahakan segera dapat diatasi," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: