Fakta Menarik Vitamin B6 untuk Kesehatan Otak yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Ampuh Atasi Rasa Cemas

Fakta Menarik Vitamin B6 untuk Kesehatan Otak yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Ampuh Atasi Rasa Cemas

Fakta Menarik Vitamin B6--Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID – Fakta menarik vitamin B6 ternyata luar biasa untuk kesehatan otak. Salah satunya, vitamin B6 bisa mengatasi rasa cemas berlebihan. 

Vitamin B6 merupakan salah satu dari sekian vitamin B complex. Khusus yang satu ini akan membahas vitamin B6 bagi kesehatan tubuh. 

Ternyata tak hanya meningkatkan kerja otak, tapi juga mengurangi gejala kecemasan. Tentu saja ini fakta yang menarik untuk diketahui orang-orang agar terus bisa berpikir cerdas.

BACA JUGA:Ternyata Kandungan Vitamin B Complex di Pisang Bisa Membuat Wajah Cantik Alami, Simak Penjelasannya

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Tomat Kaya Vitamin B, Baik untuk Metabolisme Tubuh

Kira-kira apa saja manfaat lain dari vitamin B6 ini? Yuk simak penjelasan tentang fakta menarik vitamin B6 yang dapat menangani kesehatan mental.

1. Dapat Menenangkan Gejala Kecemasan

Fakta menarik vitamin B6 ini dapat mengurangi kecemasan yang dialami oleh seseorang. Vitamin ini memberikan nutrisi yang cukupn pada otak dann hati.

Tak heran kalau kecemasan yang dirasakan bisa dikurangi dengan baik. Peneliti menyimpulkan kalau vitamin B 6 dan B12 dapat memberikan nutrisi di dalamnya.

Bisa dibilang kalau vitamin B6 ini dapat digunakan sebagai obat kecemasan. Sesuai yang dilansir dari penelitian berjudul high dose vitamin B6 supplementation reduces anxiety and strengthens visual pada tahun 2022.

Jadi vitamin B6 cocok juga buat anak milenial yang konon sedikit-dikit healing. Cukup penuhi asupan vitamin B6 dan semuanya beres.

2. Meningkatkan Kerja Metabolisme Tubuh

Fakta menarik vitamin B6 salah satunya adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Vitamin B6 ini dapat menjadikan tubuh tidak mudah lelah.

Berbeda dengan mereka yang kekurangan asupan vitamin B6 pasti akan cepat lelah. Selain itu, vitamin B6 mampu untuk memecah karbohidrat, lemak dan protein jadi energi.

Intinya metabolsime tubuh akan meningkat seiring dengan pemenuhan asupan vitamin B6. Makanya kalau kamu mau memiliki tenaga lebih, penuhi asupan harian vitamin B6.

3. Membentuk Hemoglonbin

Vitamin B6 ini memiliki peran penting dalam membentuk hemoglobin darah. Salah satu fakta menarik vutamin B6 yang tak terbantahkan.

Protein yang ada pada tubuh terutama berfungsi sebagai penyalur darah ke seluruh tubuh. Piriksodin yang terdapat dalam tubuh berperan aktif dslam menjaga kesehatan tubuh.

Fungsi lain dari vitamin B6 terkait juga dengan proses produksi insulin agar terhidar dari infeksi. Akhirnya pencegahan diabetas dalam gula darah bisa dihindari karena adanya vitamin B6.

4. Asupan Vitamin B6 Harian

Setiap usia memiliki jumlahnya sendiri. Ada yang dosis asupan harian vitamin B6 sekitar 1,3 sampai 2 miligram.

Tergantung juga kondisi apakah sedang sakit atau dalam kondisi sehat. Begitu juga asupan vitamin B6 harian bergantung pada jenis kelamin.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Fakta menarik vitamin B6 selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Karena ternyata vitamin B6 inijuga berfungsi sebagai antibodi.

Vitamin B6 ini dapat mengurangi dampak radikal bebas yang menginfeksi tubuh. Karena Vitamin B6 dapat merangsang pertumbuhan sel darah merah.

Jadi kamu bisa manfaatkan vitamin B6 ini untuk melawan radikal bebas. Bisa juga sebagai suplemen untuk bertahan dari segala bakteri yang diakibatkan polusi udara.

6. Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin B6

Fakta menarik vitamin B6 terdapat dalam beberapa aneka makanan. Makanan itu diantaranya adalah sayuran hijau, biji-bijian utuh, daging, ikan, unggas, sayuran hijau dan buah-buahan yang segar.

Mengonsumsi beberpa makanan tersebut maka akan mendapatkan asupan vitamin B6 yang cukup. Vitamin yang dapat mencegah terjadinya infeksi bakteri akibat polusi udara.

Bahkan cocok untuk dijadikan sebagai bahan makanan bagi kalian yang sedang menjalani program diet.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Fakta menarik vitamin B6 yang tak terbantahkan adalah dapat menjaga kesehatan otak. Kesehatan otak ini berperan penting dalam menciptakan suasana hati yang nyaman dan anti stres.

Vitamin B6 ternyata berperan penting dalam memproduksi serotonin dan dopamin. Dengan meningkatnya dompamin pikiran pun jadi lebih tenang.

Itulah fakta menarik vitamin B6 yang penting bagi kesehatan tubuh. Terutama untuk kesehatan otak yang dapat meminimalisir rassa cemas berlebihan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc