Inilah 7 Manfaat Tomat Kaya Vitamin B, Baik untuk Metabolisme Tubuh

Inilah 7 Manfaat Tomat Kaya Vitamin B, Baik untuk Metabolisme Tubuh

Manfaat Tomat Kaya Vitamin B --Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID – Tomat ternyata tidak hanya memiliki bentuk dan warna yang menarik.  Kalian juga bisa mendapatkan banyak manfaat tomat kaya vitamin B ini.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam tomat juga ternyata bisa untuk beragam khasiat. Misalnya saja untuk progtram diet, melancarkan sistem pencernaan, menurunkan kolesterol dan meningikatkan sistem metabolisme tubuh agar berfungsi dengan baik.

Semua itu bisa didapatkan dengan hanya rutin mengonsumsi jus tomat yang kaya akan vitamin. Mengonsumsi tomat ini juga bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis hidangan yang lezat.

BACA JUGA:Perhatikan Baik-baik! 5 Cara Menghilangkan Pestisida Buah Apel agar Tak Berdampak Buruk bagi Tubuh

BACA JUGA:Makan Buah Apel Lebih Baik Sama Kulitnya atau Dikupas? Begini Penjelasan Dokter

Tapi lebih efektif kalau dijadikan sebagai jus tomat bagi kamu yang suka sekali makan tomat mentah. Yang jelas manfaat tomat kaya vitamin B untuk tubuh yang bagus untuk kesehatan. Apa saja itu manfaatnya buat metabolisme tubuh? Inilah penjelasannya.

1 Menyehatkan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh adalah bisa untuk melancarkan sistem pencernaan. Tomat ini bisa meningkatkan kesehatan yang ada pada sistem pencernaan.

Kandungan serat dan air yang tinggi di dalam tomat, membuat usus jadi lebih bergerak secara normal. Tak hanya itu, ternyata bisa mengurangi sembelit.

2 Mangandung Antioksidan

Manfaat tomat kaya vitamin B ini ternyata juga mengandung vitamin C juga. Vitamin ini bisa meningkatkan antioksidan bagi tubuh.

Menurut publikasi jurnal agrikultur dan makanan kimia menyebutkan kalau antioksidan bisa menghentikan trigliserida. Senyawa ini bisa menyebabkan serangan jantung yang biasanya disebabkan karena meningkatnya kolesterol dalam tubuh.

3 Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Salah satu manfaat tomat kaya vitamin B ini adalah bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan vitamin B complex yang ada sangat bagus untuk membantu kinerja tubuh termasuk organ-organ yang ada.

Vitamin B sendiri terdiri dari riboflavin, niacin, tiamin. Sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi sehat bugar agar kegiatan sehari-hari bisa dilakukan dengan lancar.

4 Menurunkan Tingkat Kolesterol

Selain bisa untuk menyehatkan jantung dan sistem pencernaan, ternyata tomat bisa juga untuk menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi. Kolesterol kalau dibiarkan menumpuk di dalam tubuh bisa saja menyebabkan penyakit jantung.

Kandungan seperti likopen yang ada pada tomat ini bisa mengurangi jumlah LDL kolesterol. Jadi tubuh akan banyak menyerap likopen ini baik dalam bentuk dibuat jus atau sudah dimasak.

Manjaga tingkat kolesterol tubuh agar tidak berkembang jadi lebih banyak lagi penting sekali. Karena kalau sampai menyumbat sistem peredarandarah menuju jantung akibatnya bisa fatal. Inilah kenapa serangan penyakit jantung biasanya jadi penyebab paling besar kematian.

5 Menghindari Dehidrasi

Sama seperti jenis buah lainnya, tomat juga bisa untuk memenuhi cairan harian dalam tubuh. Kandungan air di dalam tomat bisa mencapai 90 sampai 95 persen.

Jadi selain manfaat tomat kaya vitamin B yang begitu banyaknya, kamu bisa memanfaatkannya sebagai asupan cairan harian tubuh. Manakala mau pergi ke kampus tidak ada masakan sama sekali di meja makan.

Kamu bisa langsung ambil tomat yang ada di dalam kulkas dan bisa langsung dimakan. cara tersebut bisa dilakukan ketika dalam kondisi buru-buru tidak ada waktu lagi untuk sarapan.

Tinggal cuci tomat di aliran air dan kemudian bisa langsung dipotong dan dimakan. Setelah itu cukup untuk memenuhi asupan harian selama setengah hari.

6 Dapat Mengenyangkan Perut

Untuk ukuran tomat yang berukuran sedang, bisa dijadikan sebagai bahan untuk diet. Karena tomat ini mengandung serat sekitar 1,5 gram.

Asupan serat yang cukup ini bisa membantu kamu untuk program diet yang sedang digalakkan. Jadi bisa mencegah makan yang berlebihan selain manfaat tomat kaya vitamin B ini bagi metabolisme ini signifikan sekali.

7 Makanan Rendah Kalori

Manfaat tomat kaya vitamin B selanjutnya ternyata sangat bagus untuk mengurangi kalori dalam tubuh. Karena ternyata tomat itu hanya mengandung 18 sampai 22 kalori saja per harinya.

Walau kalorinya bisa dibilang rendah, nutrisi yang ada di dalam tomat ini padat sekali, diantaranya vitamin A, B, C dan K. Jadi cocok kalau mau dijadikan pilihan makanan atau dikombinasikan dengan menu lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc