Perhatikan Baik-baik! 5 Cara Menghilangkan Pestisida Buah Apel agar Tak Berdampak Buruk bagi Tubuh

Perhatikan Baik-baik! 5 Cara Menghilangkan Pestisida Buah Apel agar Tak Berdampak Buruk bagi Tubuh

Menghilangkan Pestisida Buah Apel --Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID – Cara gampang menghilangkan pestisida buah Apel penting kalian ketahui untuk mencegah dampak buruk seperti keracunan pada tubuh. Sebab kalau tidak dibersihkan dengan baik, bisa saja Buah Apel yang kalian makan masih menyisakan kandungan pestisida.

Jangan sampai mau sehat yang ada malah jadi sakit gara-gara kandungan zat lilin pestisida pada buah Apel. Selama ini pestisida digunakan untuk mengusir hewan-hewan yang ingin memakan buah pada saat akan masak.

Tapi ketika sudah masak kandungan pestisida tersebut terkadang masih tersisa di permukaan kulit buah. Nah, untuk menghilangkan pestisida buah Apel yang masih melekat ternyata ada caranya sendiri.

BACA JUGA:Makan Buah Apel Lebih Baik Sama Kulitnya atau Dikupas? Begini Penjelasan Dokter

BACA JUGA:Fakta Menarik Buah Apel Merah dan Apel Hijau yang Kaya Vitamin C, Bagus Buat Kesehatan Tubuh

Simak lebih lanjut biar kamu makan buah Apel aman dan sehat tanpa dibayang-bayangi sisa pestisida. Inilah beberapa cara yang bisa dipraktikkan sebelum makan buah Apel segar.

1. Mencuci Buah Apel Sampai Bersih

Pertama-tama setelah membeli buah Apel baik itu dari supermarket atau pasar biasa, tetap wajib dicuci terlebih dahulu. Mencuci dengan air bersih yang mengalir merupakan langkah awal untuk menghilangkan Pestisida buah Apel.

Mencuci buah Apel sampai bersih bisa menghilangkan kotoran yang ada pada kulit. Namun ini belum efektif kalau ingin menghilangkan kemungkinan sisa pestisida buah Apel.

2. Rendam dengan Larutan Garam

Cara lain setelah dicuci bersih, maka bisa dilakukan perendaman buah Apel di dalam laurutan ait yang telah diberi garam. Lalu diamkan buah Apel di dalam larutan tersebut dalam waktu 20 menit saja.

Garam telah terbukti bisa meminimalisir bahkan menghilangkan sisa pestisida buah Apel. Tak hanya bisa dilakukan untuk buah Apel saja, tapi juga sangat efektif untuk menghilangkan pestisida pada sayuran timun dan pir.

3. Memanfaatkan Baking Soda

Salah satu cara sederhana menghilangkan Pestisida buah Apel adalah dengan larutan 1 sendok teh baking soda. Larutan ini dimasukkan ke dalam wadah untuk tempat buah Apel.

Biarkan buah Apel ini ada dalam wadah yang berisi larutan baking soda. Agar pesitisida bisa dihilangkan secara efektif, maka rendam selama 10 menit.

Sepuluh menit adalah waktu yang cukup untuk meluruhkan sisa pestisida buah Apel. Jadi jangan langsung diambil, tapi usahakan kasih waktu agar sisa kandungan pestisida benar-benar luruh dengan sempurna.

4. Memakai Air Cuka

Untuk menghilangkan pestisida buah Apel juga bisa dilakukan dengan air cuka. Cukup dengan mencampurkannya dengan perbandingan 4;1 atau 2:2 antara air Cuka dan air biasa.

Masukkan buah Apel yang kemungkinan masih terdapat sisa pestisida ini ke dalam wadah. Setalah itu diamkan selama 5 menit buah Apel itu berada di dalam bejana air cuka. Kalau sudah 5 menit bisa langsung dibilas dengan air mengalir.

5. Merendam dengan Air Panas

Cara lain untuk menghilangkan pestisida buah Apel dengan gampang adalah memanfaatkan air panas. Untuk mempertimbangkan kandungan gizi pada buah Apel agar tidak banyak berkurang, maka cukup rendam selama 15 detik saja.

Kalau sudah mencapai waktu yang telah ditentukan, bisa langsung dimasukkan ke dalam air dingin. Air dingin ini berguna untuk melepas sisa kotoran yang masih menempel. Kemudian pembersihannya pun bisa dilakukan dengan mudah.

Bahaya Pestisida Masuk ke Dalam Tubuh

Pestisida yang masuk ke tubuh maka akan menyebabkan banyak potensi gangguan pada organ tubuh. Mulai dari gangguan reproduksi baik wanita atau pria. Di mana ancamannya sangat serius sampai kemandulan karena horman tidak memproduksi sperma dengan baik.

Begitu juga dengan perempuan yang akan mengalami gangguan reproduksi. Salah satu yang paling nyata adalah tingkat kesuburan dan bayi yang prematur. Selain nanti juga berdampak pada ganguan kehamilan dan perkembangan janin di dalam perut.

Penyakit kanker juga bisa saja terjadi kalau sering makan buah yang masih ada sisa pestisidanya. Seperti halnya kulit, kanker ginjal, leukimia, hati, prostat, dan paru-paru.

Itulah pestisida dari sisi kesehatan sangat berdampak buruk jika masuk ke dalam tubuh. Maka penting untuk tahu bagaimana cara menghilangkan pestisida buah Apel demi melindungi tubuhmu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: klikdokter