Fakta Menarik Buah Apel Merah dan Apel Hijau yang Kaya Vitamin C, Bagus Buat Kesehatan Tubuh

Fakta Menarik Buah Apel Merah dan Apel Hijau yang Kaya Vitamin C, Bagus Buat Kesehatan Tubuh

Buah Apel Merah dan Apel Hijau--Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID – Seperti yang kita kenal, kalau ada dua jenis buah Apel yang kaya akan vitamin C ini. Diantara dua jenis itu adalah buah Apel Merah dan Apel Hijau yang sama sehatnya.

Buah Apel yang sudah terkenal dan populer ini sudah dikenal oleh masyarakat. Dipercaya bisa juga untuk mencegah berbegai penyakit yang timbul selain membuat tubuh jadi bugar dan vit.

Kandungan yang ada pada buah ini nyaris tidak ada lemak di dalamnya. Jadi tak perlu khawatir mengonsumsi buah Apel ini karena rendah lemak. Cocok kalau dijadikan sebagai asupan gizi sehari-hari ketika melakukan diet pengurangan berat badan tubuh.

BACA JUGA:Kaya akan Vitamin C, Ini Dia Kegunaan Buah Apel untuk Kesehatan Wajah Cantikmu Agar Tetap Glowing

BACA JUGA:5 Alasan Kenapa Kamu Harus Konsumsi Vitamin C Buah Apel yang Ternyata Bisa Memudarkan Bekas Jerawat

Karena di dalam buah Apel ini ada kandungan nutrisi, diantaranya Vitamin A, C, K, antioksidan, Folat, pektrin, air dan serat. Semua itu ada pada buah Apel Merah dan Apel Hijau.

Kandungan Nutrisi Buah Apel

Setiap satu buah Apel terdapat kalori sebanyak 100. Tapi buah Apel ini cenderung aman bagi kamu yang memiliki berat badan di atas batas ideal.

Karena baik buah Apel Merah dan Apel Hijau memiliki kandungan bebas lemak, natrium dan anti kolesterol. Menariknya lagi, buah Apel ini efektif dalam mencegah penyakit kronis yang sering dialami oleh banyak orang akibat pola makan yang salah.

Daftar penyakit yang bisa dicegah hanya dengan memakan buah Apel diantaranya adalah kanker payudara,  kanker paru-paru, penyakit Alzheimer, diabetes bahkan yang paling mematikan penyakit jantung.

Tapi antara buah Apel Merah dan Apel Hijau sebanarnya berbeda atau tidak kandungan gizinya? Kalau pun berbeda seperti apa perbedaannya? Untuk tahu lebih lanjut, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Buah Apel Merah

Walaupun masih satu jenis varietas Apel, tapi kandungan antara buah Apel Merah dan Apel Hijau berbeda. Untuk buah Apel Merah sendiri mengandung beta karoten yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang disebabkan oleh udara yang kotor.

Kandungan beta karoten yang ada pada buah Apel ini ternyata disebabkan oleh warna kulitnya yang merah. Selain beta karoten pada warna merah, pigmen antosianin ini bisa untuk melawan berbagai radang, antivirus, dan resiko kanker. Karena di dalam pigmen antosianin sendiri mengandung resiko serangan kanker.

Untuk kandungan serat dan vitamin C buah Apel Merah dan Apel Hijau tetap sama. Fungsinya dan dampak bagi tubuh sama dengan karena bisa untuk kesehatan jantung.

Buah Apel Hijau

Soal kandungan beta karoten yang ada pada buah Apel Merah ternyata lebih besar ketimbang buah Apel Hijau. Bisa disimpulkan kalau buah Apel Hijau jauh lebih sedikit dibandingkan dengan buah Buah Apel Hijau

Tapi dalam hal lainnya, buah Apel hijau ini memiliki jumlah kalori dan karbohidrat yang lebih rendah sekitar 10 persen besarannya ketimbang Apel Merah. Itulah kenapa Apel hijau sangat baik untuk kesehatan menjaga berat badan agar tidak terlalu banyak lemak dan gula.

Selain itu, ada kandungan zat seperti Polifenol yang bisa dijadikan sebagai antioksidan alami. Kandungan gizi pada buah Apel ini meeningkatkan bakteri baik dalam usus.

Kekurangan bakteri baik pasa sistem pencernaan usus dapat mengakibatkan gangguan yang tidak nyaman. Nah dengan mengonsumsi buah Apel hijau bisa jadi solusinya. Selain bisa mencegah terjadinya obesitas di dalam tubuh.

Konsumsi Buah Apel Sesuai Kebutuhan

Antara buah Apel Merah dan Apel Hijau memiliki kandungan yang sedikit banyaknya ada perbedaan. Maka sesuaikan dengan kebutuhan kesehatan yang ada pada tubuh.

Kalau misalnya mau mempertahankan berat badan di angka yang ideal, maka bisa mengonsumsi buah apel Hijau. Karena bisa menurunkan gula darah dan lemak.

Tapi kalau ingin mencegah terjadinya penuaan, maka bisa pilih buah Apel merah. Karena kadar antioksidan pada buah Apel merah ini mengandung banyak antiposidan.

Itulah beberapa penjelasan tentang perbedaan antara buah Apel Merah dan Apel Hijau. Soal kadar konsumsinya, kalian bisa sesuaikan dengan kebutuhan ya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc