Penilaian SPBE Kabupaten Kendal Masih Naik Turun

Penilaian SPBE Kabupaten Kendal Masih Naik Turun

PENILAIAN DARING - Tim SPBE Pemkab Kendal yang dipimpin Asisten Administrasi Umum Sekda, Agus Dwi Lestari, saat mengikuti penilaian interviu evaluasi SPBE tahun 2023 dari Kemenpan RB, kemarin.-red/sef-

*Pemkab Targetkan Kenaikan di 2023

KENDAL - Kinerja Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemkab Kendal menunjukkan kinerja yang belum stabil selama lima tahun terakhir ini. Hal itu terlihat dari hasil penilaian yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokras (Kemenpan RB) setiap tahunnya yang menunjukkan fluktuasi atau masih naik turun.

Hal itu disampaikan Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Kendal, Agus Dwi Lestari, saat mengikuti penilaian interviu evaluasi SPBE tahun 2023 dari Kemenpan RB RI secara daring di Ruang Ngesti Widhi, Senin (18/9/2023). Dalam kesempatan ini, Agus didampingi epala Dinas Kominfo Kendal Ardhi Prasetiyo.

Penilaian interviu evaluasi SPBE ini merupakan proses klarifikasi dan validasi Asesor Eksternal terhadap bukti dukung yang disampaikan oleh Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD) mulai 11 hingga 29 September 2023.

"Pada prinsipnya, SPBE ini adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE," ungkap Agus Dwi Lestari. 

Hal ini juga telah diatur dalam Peraturan Presiden (perpres) No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. SPBE ditujukan guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. 

Saat pembukaan evaluasi, Agus Dwi Lestari mengatakan bahwa tren penilaian SPBE Pemkab Kendal selama lima tahun terakhir ini menunjukkan kecenderungan yang naik turun atau fluktuatif, yakni dari tahun 2018 sampai 2022 kemarin.

"Untuk itu, harapannya di tahun 2023 bisa mendapatkan hasil penilaian yang meningkat dari tahun sebelumnya," ujarnya.

Agus menyebut apa apa yang menjadi catatan dari Tim Asesor Eksternal sudah ditindaklanjuti dengan perbaikan dan penyempurnaan. Karena itu, dia berharap indek pada penilaian tahun 2023 ini dapat mengalami kenaikan yang signifikan dan terbaik. "Karena sebelumnya memang naik turun, bahkan sempat turun di angka 2,93," tandasnya.

Kepada pada para tim asesor PAN-RB, Agus Dwi Lestari juga menjabarkan tentang arah Pemerintah Kabupaten Kendal, baik dari visi misi hingga letak geografis dan peta ekonomi yang ada di Kendal.

Diketahui, Kemenpan RB telah memulai Penilaian Interviu Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023 secara daring. Penilaian ini dilaksanakan pada 574 instansi pusat dan pemerintah daerah. 

Adapun penilaian interviu sendiri merupakan proses klarifikasi dan validasi Asesor Eksternal terhadap bukti dukung yang disampaikan oleh Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD). Asesor Eksternal melakukan klarifikasi secara berpasangan sebagai upaya _check and balance_ untuk meminimalisasi diskrepansi penilaian. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: