6 Alasan Mengapa Olahraga dapat Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Manusia

6 Alasan Mengapa Olahraga dapat Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Manusia

Olahraga meningkatkan kesejahteraan psikologis.--freepik.com

RADARPEKALONGAN - Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, olahraga dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis pada orang yang sudah merasa sehat mental.

Peningkatan aktivitas fisik terbukti meningkatkan suasana hati, meningkatkan tingkat energi, dan meningkatkan kualitas tidur.

Ada beberapa alasan mengapa aktivitas fisik dapat bermanfaat bagi kesejahteraan psikologis.

Alasan Olahraga Bermanfaat secara Psikologis

Olahraga menurunkan hormon stres

Olahraga menurunkan hormon stres seperti kortisol. Hal ini juga meningkatkan endorfin—bahan kimia yang membuat tubuhmu merasa nyaman—meningkatkan suasana hatimu secara alami.

Aktivitas fisik mengalihkan perhatianmu dari pikiran dan emosi negatif

Aktivitas fisik dapat mengalihkan pikiranmu dari masalah dan mengalihkannya ke aktivitas yang ada atau membuatmu berada dalam kondisi seperti zen.

Olahraga meningkatkan kepercayaan diri

Olahraga dapat membantumu menurunkan berat badan, mengencangkan tubuh, serta menjaga kesehatan dan senyuman.

Kamu mungkin merasakan peningkatan suasana hati yang halus namun signifikan saat pakaianmu terlihat lebih bagus dan kamu memancarkan aura kekuatan yang meningkat.

Olahraga dapat menjadi sumber dukungan sosial yang baik

Manfaat dukungan sosial sudah terdokumentasi dengan baik, dan banyak aktivitas fisik yang juga bisa menjadi aktivitas sosial. Jadi, baik kamu mengikuti kelas olahraga atau bermain softball di liga, berolahraga bersama orang lain dapat memberikanmu pelepas stres dosis ganda.

Kesehatan fisik yang lebih baik mungkin berarti kesehatan mental yang lebih baik

Meskipun stres dapat menyebabkan penyakit, penyakit juga dapat menyebabkan stres. Meningkatkan kesehatan dan umur panjangmu secara keseluruhan dengan berolahraga dapat menyelamatkanmu dari stres dalam jangka pendek (dengan memperkuat kekebalanmu terhadap pilek, flu, dan penyakit ringan lainnya).

Selain itu juga jangka panjang (dengan membantumu tetap sehat lebih lama, dan menikmati hidup sehat). hidup lebih banyak karenanya).

Olahraga memberikan penyangga terhadap stres

Aktivitas fisik mungkin terkait dengan reaktivitas fisiologis yang lebih rendah terhadap stres. Sederhananya, mereka yang lebih banyak berolahraga mungkin tidak terlalu terpengaruh oleh stres yang mereka hadapi.

Jadi, selain semua manfaat lainnya, olahraga dapat memberikan kekebalan terhadap stres di masa depan serta cara untuk mengatasi stres saat ini.

 

Itulah beberapa alasan yang dapat menjelaskan klaim bahwa olahraga dan aktivitas fisik lainnya dapat memberikanmu manfaat pada ranah psikologis.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas olahraga harianmu?. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: verywellmind