3 Manfaat Self-Esteem yang Sangat Menguntungkan! Tunggu Apa Lagi, Ayo Rawat Harga Dirimu!

3 Manfaat Self-Esteem yang Sangat Menguntungkan! Tunggu Apa Lagi, Ayo Rawat Harga Dirimu!

Manfaat self-esteem dalam berbagai aspek kehidupan.--freepik.com

RADARPEKALONGAN - Menurut American Psychological Association, manfaat self-esteem atau harga diri yang tinggi adalah memiliki kunci kesehatan mental dan kesejahteraan yang positif.

Self-esteem yang tinggi itu baik karena membantumu mengembangkan keterampilan mengatasi masalah, menangani kesulitan, dan menempatkan hal-hal negatif ke dalam perspektif positif.

Jika kamu memiliki konsep diri yang lebih tinggi, kamu juga tidak cenderung terlalu fokus, menyalahkan, meragukan diri sendiri, putus asa, atau membebani bagian-bagian yang tidak kamu sukai. 

Kamu juga lebih mampu mengatasi stres, kecemasan, dan tekanan, baik dari sekolah, pekerjaan, rumah, atau teman sebaya.

Daripada merasa putus asa, terjebak, atau tidak berharga karena apa yang dianggap sebagai "kegagalan", seseorang dengan harga diri yang tinggi lebih cenderung mendapatkan manfaat self-esteem berupa mencari apa yang dapat mereka ubah atau tingkatkan. 

Misalnya saja, jika ia kesulitan mengerjakan suatu proyek di tempat kerja, seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi mungkin akan meminta bantuan atasannya untuk memberikan solusi, dibandingkan memarahi dirinya sendiri karena tidak efektif dalam pekerjaannya.

Sebaliknya, seseorang yang memiliki harga diri rendah cenderung memiliki perasaan negatif terhadap dirinya sendiri.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa merasa positif dan menghargai diri sendiri, terutama saat masih anak-anak, sangat membantumu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan tantangan hidup. Itulah manfaat self-esteem yang paling mendasar.

Baca juga : Seberapa Penting Self-Esteem Bagimu? Pahami Sebelum Terlambat!

Manfaat Self-Esteem yang Tinggi

Konsep diri dan harga diri yang sehat dapat membuatmu menyadari bahwa dunia tidak akan berakhir jika terjadi kesalahan, seseorang menolakmu, kamu melakukan kesalahan, atau kamu mempunyai beberapa kesalahan.

Harga Diri dan Perilaku Prososial

Harga diri yang tinggi juga dikaitkan dengan perilaku prososial (tindakan dengan tujuan untuk memberi manfaat bagi orang lain, seperti kemurahan hati dan kualitas seperti empati), fleksibilitas, dan hubungan keluarga yang positif. 

Faktanya, sebuah penelitian pada tahun 2014 menemukan bahwa mahasiswa dengan harga diri yang lebih tinggi dan hubungan yang lebih penuh kasih sayang dan suportif dengan keluarga mereka lebih berhasil di sekolah dan beradaptasi lebih baik terhadap penyesuaian sosial saat tinggal di lingkungan baru.

Harga Diri dan Stres

Caramu mengalami stres juga sangat terkait dengan tingkat harga dirimu. Perilaku prososial (yang, seperti disebutkan di atas, lebih mungkin terjadi jika harga diri lebih tinggi) diketahui mengurangi dampak negatif pemicu stres dalam kehidupan sehari-hari, membantumu mengelola stres dengan lebih efektif. 

Penelitian juga menemukan hubungan positif antara perilaku positif dan positif. harga diri dan motivasi untuk mencapai tujuan, efikasi diri, dan pengendalian diri. Tingkat harga diri yang lebih tinggi juga merupakan prediksi kesuksesan akademis yang lebih besar.

Baca juga : 6 Alasan Mengapa Olahraga dapat Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Manusia

Harga Diri yang Tinggi Meningkatkan Kesejahteraan Secara Keseluruhan

Selain itu, manfaat self-esteem yang tinggi dianggap melindungi terhadap banyak kondisi kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan. 

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa memiliki harga diri yang tinggi berkorelasi langsung dengan kepuasanmu terhadap hidup dan kemampuan untuk mempertahankan sikap positif terhadap diri sendiri dalam situasi yang menantang.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang dengan harga diri yang lebih tinggi lebih bahagia dalam pekerjaannya, memiliki hubungan sosial yang lebih baik, dan secara umum, memiliki perasaan sejahtera yang lebih positif.

Itulah beberapa manfaat self-esteem yang bisa kamu raih jika memiliki harga diri yang tinggi. Maka, jangan ragu untuk terus mengembangkannya!. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: verywellmind