Jangan Asal Menyiram, Begini Cara Menyiram Tanaman Anggrek agar Tidak Busuk, Pemula Wajib Tahu

Jangan Asal Menyiram, Begini Cara Menyiram Tanaman Anggrek agar Tidak Busuk, Pemula Wajib Tahu

Jangan Asal Menyiram, Begini Cara Menyiram Tanaman Anggrek agar Tidak Busuk, Pemula Wajib Tahu--Freepik

Setelah selesai direndam, angkat pot tersebut dan biarkan semua sisa air keluar. Kemudian letakkan tanaman anggrek pada tempat yang teduh atau tempat yang tekena paparan sinar matahari secara tidak langsung.

Apabila kalian menggunakan pot, sebaiknya gunakan pot dari tanah liat karena pot dari tanah liat mampu menyerap air untuk menjaga kelembapan, sehingga pada saat kulit kayu mengering, tanaman anggrek dapat menyerap air dari pot tersebut.

2. Cara Menyiram Tanaman Anggrek yang Ditanam Pada Media Tanam Berupa Moss

Untuk Menyiram media tanam berupa moss, kalian dapat menyiram tanaman anggrek dari atas seperti saat menyiram tanaman hias lainnya.

Namun, sebenarnya ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan merendam moss tersebut ke dalam baskom berisi air, agar moss tersebut memiliki cukup waktu untuk melembabkan kembali semua bagiannya.

Moss diketahui dapat menahan kelembapan dan menyimpan air lebih lama daripada kulit kayu, jadi perlu kalian ingat bahwa moss bisa saja terasa kering pada bagian permukaannya, namun masih lembab pada bagian dalam pot.

BACA JUGA:Begini Cara Aplikasi Pupuk Dekastar untuk Tanaman Anggrek Agar Rajin Berbunga dengan Lebat

Sebelum menyiram pastikan moss benar-benar telah kering. Kalian dapat mengeceknya dengan cara memasukkan jari ke dalam moss tersebut untuk memastikan moss benar-benar telah kering.

Berhati-hatilah pada saat menyirami tanaman anggrek yang ditaman pada media moss, terutama jika menggunakan pot plastik ataupun pot kaca sebagai wadahnya.

Seperti yang telah diketahui, akar tanaman anggrek membutuhkan udara untuk tumbuh dan berkembang dan terlalu banyak air akan menghambat masuknya udara yang dapat menjadi penyebab membusuknya akar pada tanaman anggrek.

3. Intensitas Penyiraman

Umumnya, menyiram tanaman anggrek dilakukan satu minggu sekali untuk jenis tanaman anggrek yang tahan dengan kekeringan seperti, cattleya, oncidium dan dendrobium serta 4 sampai 5 hari untuk jenis anggrek lainnya seperti anggrek bulan.

Sebelum menyiram, pastikan kalian memeriksa media tanamnya apakah sudah benar-benar kering atau belum. Semua media tanam untuk tanaman anggrek harus dibasahi secara menyeluruh setiap kali penyiraman dan dibiarkan kering sebelum disiram kembali.

BACA JUGA:Buktikan Sendiri Di Rumah, Inilah 8 Pupuk Alami untuk Anggrek Agar Cepat Berbunga

Itulah tadi beberapa cara menyiram tanaman anggrek agar tidak busuk yang perlu untuk kalian ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: