Anti Pusing! Inilah Tindakan Mengatasi Overthingking Ala Habib Husein Jafar, Gampang Diterapkan Loh

Anti Pusing! Inilah Tindakan Mengatasi Overthingking Ala Habib Husein Jafar, Gampang Diterapkan Loh

Ilustrasi seseorang yang sedang mengalami overthingking-freepik.com-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Overthingking sering dialami oleh orang dewasa karena berbagai alasan. Hal yang mendasari dari Overthingking biasanya rasa tidak percaya diri dan ketakutan.

Sebenarnya apa itu overthingking?  Overthingking adalah suatu kondisi dimana seseorang akan terus memikirkan suatu hal bisa berupa masalah, atau suatu kejadian setiap saat dan tanpa henti. Pikiran tersebut bisa berupa kecemasan ataupun ketakutan.

Padahal, hal yang dicemaskan atau ditakutnya belum pasti terjadi, namun pikiran sudah terus-menerus memikirkannya. Alhasil akan menyebabkan stres, dan merusak kualitas tidur. 

Sebenarnya seseorang yang sedang overthingking, sedang terperangkan di dalam pikiranya sendiri, dan tidak bisa memberontak atau keluar dari situasi tersebut. Sehingga akan menimbulkan hal negatif lainya.

BACA JUGA:6 Kesulitan Siswa Belajar Di Sekolah Menurut Aspek Psikologi dan Apa Saja Penyebabnya, Pantau terus Ya Bun!

Hal negatif yang bisa ditimbulkan ketika mengalami overthing yaitu perasaan ragu dan tidak mempercayai diri sendiri, tidak bisa mengendalikan suatu hal dari dalam dirinya sendiri, dan takut untuk melangkah ke depan. 

Penyebab Overthingking

Overthingking terjadi bukan tanpa sebab atau alasan, sebaliknya terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami overthingking, diantaranya : 

1. Takut Salah Langkah

Ketika dihadapkan dengan suatu keputusan, seseorang cenderung akan memikirkan dan membandingkan antar resiko yang mungkin didapatkan. Namun demikian, ketika terlalu memikirkan resiko yang akan didapatkan dan takut untuk menghadapinya akan memicu overthingking.

2. Trauma atau Kekhawatiran Terhadap Masa Lalu

Seseorang yang pernah mengalami trauma di masa lalu akan cenderung mengalami overthingking, sebab akan memikirkan banyak hal untuk tidak mengalami kejadian buruk yang pernah dialami di masa lalunya.

BACA JUGA:Berhenti Merasa Tidak Berharga! Tingkatkan Level Self-Esteem dengan 5 Tips Ini

3. Cemas yang Berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: