Panjang Baru Rencanakan Aksi Bersih Pantai

Panjang Baru Rencanakan Aksi Bersih Pantai

SIAP - Kelurahan Panjang Baru siap menggelar aksi bersih pantai sebagai salah satu Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim.-Ainul Atho-

KOTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Badan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat mulai menyosialisasikan Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim (RAD API) ke sejumlah kelurahan di Kota Pekalongan. Salah satunya di Kelurahan Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara. Sosialisasi RAD API ini akan ditindaklanjuti kegiatan bersih Pantai Sari. 

Kepala Bappeda Kota Pekalongan, Cayekti Widigdo melalui Perencana Muda Bappeda, Diah Wahyuningrum mengungkapkan bahwa dokumen RAD API merupakan dokumen rencana aksi yang dilakukan terhadap adaptasi perubahan iklim di Kota Pekalongan. "Aksi yang dilakukan dijaring dari masyarakat berasal dari kondisi real dampak perubahan ikilm di masyarakat," terang Diah. 

Disebutkan Diah untuk aksi yang dilakukan di tingkat kelurahan seperti urban farming, bersih pantai, gerakan melalui penyadaran masyarakat, serta aksi pembangunan insfrastruktur. "Targetnya mampu mengubah perilaku masyarakat untuk menyadari dan bisa beradaptasi terhadap perubahan iklim sehingga dapat mengurangi dampak perubahan iklim. Di Utara ini ada 7 kelurahan yang menjadi sasaran dan di Barat ada satu kelurahan," kata Diah. 

Menurut Diah ini merupakan bentuk protes dari alam kepada masyarakat agar dapat sadar dan memperlakukan alam dengan lebih baik. 

Sementara itu, Lurah Panjang Baru, Rochman Hidayat mengapresiasi langkah Bappeda dan kelurahannya ditunjuk sebagai salah satu program untuk RAD API. "Kami menitipkan pesan kepada masyarakat untuk mengelola atau memilah sampahnya agar lingkungan semakin bersih," tutur Rochman.

Rochman menyebutkan peserta sosialisasi ini diikuti 40-an peserta dari LKK di Panjang Baru seperti Karang Taruna, LPM, BKM, penggiat di Panjang Baru, RW, dan tokoh masyarakat. "Masyarakat lansung menyetujui aksi yang akan dilakukan yakni aksi menuju pantai atau bersih-beraih di pantai sari. Harapannya dalam lingkup makro yakni Kota Pekalongan dan mikro di Panjang Baru, pola hidup bersih masyarakat bisa dijalankan semua," pungkasnya.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: