Mesin Pengolah Sampah Jadi BBM Dari Jawa Tengah Masuk Nominasi IGA 2023

Mesin Pengolah Sampah Jadi BBM Dari Jawa Tengah Masuk Nominasi IGA 2023

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Drs Nana Sudjana AS berfoto bersama penemu Mesin Pengolah Sampah Jadi BBM dari Banjarnegara.-istimewa -

Aplikasi tersebut membantu masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan secara terintegrasi. Bahkan aplikasi itu bisa diakses tanpa membuat akun.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Jawa Tengah, M Arief Irwanto, menambahkan ekosistem inovasi di Jawa Tengah terus dibangun. Dimulai dengan program satu OPD satu inovasi serta penjaringan inovasi masyarakat melalui krenova.

Tercatat ada sekitar 1.800an inovasi yang terjaring krenova pada sampai bulan Juni 2023. Dari total itu kemudian dipilih 309 inovasi karya dari perguruan tinggi, swasta, dan masyarakat.

"Dari masyarakat ada 309 yang terpilih dan kemudian kita pilih Faspol 5.0 untuk masuk nominasi IGA. Sebab Faspol punya dua bidang besar, yaitu lingkungan hidup dan sumber daya energi. Bisa menjadi bank sampah dan sampah plastik dikembangkan menjadi BBM," katanya usai mendampingi PJ Gubernur Jawa Tengah paparan nominasi IGA.

Arief mengatakan, Innovation Government Award (IGA) menjadi standar untuk masing-masing pemerintah daerah meningkatkan daya saing. Penilaiannya dilakukan oleh tim yang dibentuk oleh Kementerian Dalam Negeri. Selain itu BRIDA juga mendorong 19 hasil inovasi OPD untuk ikut dalam inovasi pelayanan publik Kementerian PAN-RB.

"Kami juga berikan apresiasi kepada masyarakat atau OPD yang berhasil membuat inovasi terbaik setiap tahunnya," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: