Tampil Elegan dengan Gamis Batik: 5 Tips Mengkombinasikan Keindahan Busana Tradisional dengan Gaya Muslimah

Tampil Elegan dengan Gamis Batik: 5 Tips Mengkombinasikan Keindahan Busana Tradisional dengan Gaya Muslimah

Tampil elegan dengan gamis batik-instagram-soganbatik

RADARPEKALONGAN - Tampil elegan dengan gamis batik bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pemilihan motif batik yang sesuai, warna, model batik apa yang cocok, dan sebagainya.

Batik, sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, telah merambah ke seluruh dunia dengan pesona uniknya. Batik bahkan telah ditetapkan sebagai daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO (UNESCO Intangible Cultural Heritage). Pemerintah Indonesia juga telah menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Seiring dengan perkembangan fashion, batik sudah banyak mendapat modifikasi design dan style yang variatif, dan elegant dengan tetap menonjolkan keindahan corak tradisional dari kain Baik yang digunakan. 

Salah satu style pakaian batik yang populer di kalangan muslimah adalah gamis batik. gamis batik ini merupakan kombinasi indah antara busana tradisional dengan tetap mengikuti kebutuhan fashion muslimah. Sehingga akan membuat siapa pun yang mengenakannya tampil elegant. 

BACA JUGA:Lestari Batik, Pemkot Pekalongan Inisiasi Pembentukan Kabid Perbatikan

Berikut tips tampil elegan dengan gamis batik agar tetap matching dan anggun.

1. Memilih Motif yang Sesuai

Salah satu hal pertama yang perlu diperhatikan saat ingin tampil elegan dengan gamis batik adalah memilih motif yang sesuai. Batik memiliki berbagai macam motif dan warna yang indah. Anda dapat memilih motif yang sesuai dengan selera pribadi dan juga acara yang akan dihadiri. Motif klasik seperti parang, kawung, atau lereng sering kali menjadi pilihan yang sangat elegan.

BACA JUGA:Tradisi Pekan Batik Kota Pekalongan Bakal Kembali Hadir di Hari Batik Nasional 2023

2. Padukan dengan Aksesori yang Tepat

Aksesori dapat membuat perbedaan besar dalam penampilan Anda. Ketika Anda mengenakan gamis batik, cobalah padukan dengan aksesori yang sesuai. Sebuah pasmina polos dengan warna senada, atau selendang dengan motif yang serasi dapat menambahkan sentuhan elegan pada penampilan Anda. 

Bisa juga memilih perhiasan yang sederhana dan elegan, seperti anting-anting atau kalung. Hindari aksesoris yang terlalu mencolok, karena sudah ada motif dari kain batik yang dikenakan.

3. Perhatikan Model dan Potongan

Gamis batik datang dalam berbagai model dan potongan, mulai dari yang lebih tradisional hingga yang lebih modern. Pilihlah model yang paling sesuai dengan bentuk tubuh Anda dan gaya pribadi. Gamis dengan potongan A-line atau empire waist seringkali memberikan tampilan yang lebih anggun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: