Tikus Hewan Pintar dan Sulit Dikendalikan, Ini 5 Alasannya

Tikus Hewan Pintar dan Sulit Dikendalikan, Ini 5 Alasannya

Tikus termasuk hewan pintar dan sulit diberantas.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Tikus hewan pintar dan sulit dikendalikan, makanya hewan pengerat ini sulit diberantas. 

Jangan pasang perangkap tikus di tempat yang sama. Pasti akan gagal. Coba kamu praktikkan. Pasalnya, tikus ternyata memiliki daya ingat yang cukup baik. 

Tubuh tikus juga fleksibel. Maka tak heran, tikus bisa masuk ke dalam rumah hanya melalui lubang atau celah kecil. 

Yang paling mengkhawatirkan, tikus berkembang biak dengan cepat. Dalam setahun, sepasang tikus dapat memproduksi sekitar dua ribu anak tikus apabila tidak dikendalikan. 

Baca juga:Gunakan Bahan-Bahan di Dapur, Ini Cara Praktis Usir Tikus dari Rumah

Lima alasan mengapa tikus hewan pintar dan sulit dikendalikan akan dipaparkan dalam artikel ini. 

1. Tikus berkembang biak dengan cepat

Seekor tikus betina umumnya mengandung enam hingga delapan kali dalam setahun. Masa kehamilannya relatif singkat antara 21 hingga 24 hari. Tikus betina kebanyakan melahirkan lima hingga sepuluh anak tikus. 

2. Tikus mempunyai ingatan yang sangat baik

Meski penglihatan tikus sangat buruk, namun daya ingatnya bagus. Tikus dengan mudah mengingat dan memetakan ruangan serta semua rute yang mereka sudah lewati dalam waktu yang lama.

Bahkan, tikus mampu mengingat wajah manusia dan mengenali orang-orang yang telah mereka lihat sebelumnya. Makanya, tikus akan lebih waspada ketika berhadapan dengan manusia yang mencoba untuk menangkapnya.

3. Tikus memiliki tubuh yang fleksibel

Ukuran tubuh tikus sangat bervariasi tergantung pada jenisnya. Secara umum, ukuran tikus berkisar dari beberapa inci hingga mencapai 10 inci untuk jenis tikus besar di Indonesia.

Tikus mampu masuk ke dalam rumah hanya melalui lubang atau celah sekecil 1 cm. Sebab, tikus memiliki struktur tubuh yang terdiri dari tulang yang terhubung dengan sendi dan tulang rawan sama halnya seperti manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: