5 Manfaat Petai untuk Kesehatan, Salah Satunya Membantu Mengontrol Gula Darah

5 Manfaat Petai untuk Kesehatan, Salah Satunya Membantu Mengontrol Gula Darah

Petai kaya manfaat untuk kesehatan.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Petai (Parkia speciosa) merupakan salah satu hidangan pelengkap makan yang banyak digemari orang. Dibalik bau khasnya, manfaat petai untuk kesehatan luar biasa seperti menyehatkan jantung, mengontrol gula darah hingga menyehatkan saluran pencernaan.

Abaikan dulu bau petai yang bikin lawan bicara menutup mulutnya. Coba rasakan sensasi makan dengan petai plus sambel, pasti ketagihan. Agar manfaat petai untuk kesehatan bisa kita rasakan. 

Saat musim panen, petai dengan mudah ditemukan di pasar. Harganya pun terjangkau. Warung-warung makan pun banyak yang menjadikan petai sebagai salah satu menu favoritnya.

Manfaat petai untuk kesehatan diyakini berasal dari kandungan nutrisinya yang beragam. Di dalam 100 gram petai, seperti dilansir alodokter.com, terkandung sekitar 92 kalori. 

Baca juga:Yuk Kenali Manfaat Jus Nanas Kaya Vitamin C untuk kesehatan, Bantu Atasi Nyeri Haid sampai Sembuhkan Asma

Kandungan beberapa nutrisi lainnya dalam 100 gram petai yakni 77 gram air, 5,4 gram protein, 15 gram karbohidrat, 2 gram serat, 14 miligram kalsium, 170 miligram fosfor, 1,6 miligram zat besi, 55 miligram natrium, 221 miligram kalium.

Tak hanya itu, sayuran ini juga mengandung beberapa vitamin, yakni vitamin C, B1, B2, B3, dan E, serta beberapa antioksidan seperti fenolik dan flavonoid.

Manfaat Petai untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi dalam petai sangat banyak. Tak mengherankan, banyak manfaat petai untuk kesehatan. 

Berikut ini di antara manfaat petai untuk kesehatan tubuh:

1. Mengontrol gula darah

Dengan kandungan antioksidan dan zat kimia beta sitosterol dan stigmasterol di dalam petai diyakini mampu mencegah lonjakan kadar gula darah.

Baca lagi:Ingin Kulit Wajah Kencang dan Awet Muda, Rajinlah Makan Buah Pepaya

2. Mengatasi infeksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: