Sambut Hari Batik dengan Aneka Lomba, SMK Yapenda 2 Wiradesa Ajak Siswa Nguri-Nguri Kebudayaan

Sambut Hari Batik dengan Aneka Lomba,  SMK Yapenda 2 Wiradesa Ajak Siswa Nguri-Nguri Kebudayaan

Siswa antusias dalam mengikuti lomba melukis --

RADARPEKALONGAN - SMK Yapenda 2 Wiradesa memperingati hari Kesaktian Pancasila sekaligus hari batik dengan upacara serta aneka macam lomba. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengajak siswa Nguri-Nguri Kebudayaan Jawa Khususnya batik yang sudah diakui oleh UNESCO.

Disampaikan Kepala SMK Yapenda 2 Wiradesa Ruswanto SPd MPd bahwa moment hari batik kali ini dimulai dengan memperingati hari kesaktian Pancasila melalui upacara, dan dilanjutkan kegiatan Nguri-Nguri Kebudayaan Jawa dalam moment hari batik.

BACA JUGA:Wujudkan Siswa Sehat Fisik dan Mental, SMK Muhammadiyah Kedungwuni Gelar P5 Bangunlah Jiwa Raga

"Kita memang mempersiapkan dengan baik moment hari batik, tidak hanya tahun ini saja tapi juga tahun-tahun sebelumnya. Terlebih kita berada di daerah Pekalongan yang dikenal dengan budaya batiknya. Maka kita wajib mencintai dan melestarikan budaya lokal yang sudah diakui," ungkap pak Rus sapaan akrabnya.

Sementara itu, Waka Kesiswaan SMK Yapenda 2 Wiradesa Novan Maru SPd menjelaskan bahwa sekolah menyelenggarakan aneka lomba yang disambut antusias oleh siswa. Hal ini terbukti dari tingkat partisipasi serta suport siswa dalam kegiatan yang berlangsung pada hari Senin lalu. 

Diantara lomba-lomba yang digelar dalam memperingati hari batik adalah lomba melukis dengan media galon, fashion show menggunakan kostum kreativitas dari bahan-bahan yang tidak terpakai, serta dekorasi kelas.

BACA JUGA:Borong Prestasi, SMK Muhamkar Berhasil Gondol Juara 1 MTQ dan juara 3 Tilawah Tingkat Kecamatan

"Kita memang memilih bahan-bahan yang sudah tidak terpakai, selain lebih terjangkau bahan-bahan ini juga bisa didaur ulang agar lebih bermanfaat. Seperti melukis galon untuk pot bunga, sampah-sampah plastik digunakan untuk membuat baju serta dekorasi kelas yang bertajuk Santri sebagaimana slogan Kabupaten Pekalongan," imbuhnya.

Ditambahkan olehnya, terkait menentukan pemenang, sekolah memiliki kriteria sendiri yang sudah ditetapkan yaitu pada penilaian fashion show yang dinilai adalah kostumnya bertema batik, keserasisan, ekspresi model, keluwesan model dan lain sebagainya. Sedangkan kiriteria melukis yaitu melukis sesuai tema, imajinas, komposisi warna dan kerapian.  

"Masing-masing pemenang dan berhak mendapatkan piagam penghargaan adakah untuk dekorasi kelas Juara 1 Kelas XII FARMASI 1, Juara 2 Kelas XII FARMASI 2. Melukis/Membatik Juara 1 Lia Amelia, Juara 2 M. Faisal Amri. Fashion Show kategori Solo Laki-laki Juara 1 M. Fatih Amin, Juara 2 Irfan Husain N. Kategori Solo Perempuan Juara 1 Tiara Firda Tunnisa, Juara 2 Raisa Aulia R. F dan kategori Pasangan Juara 1 Marissa Miladina & Kawit Antoni W serta Juara 2 Anis Rizkiya A. S & Angga Tunggul S," pungkas Novan.(mal)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: