Wujudkan Siswa Sehat Fisik dan Mental, SMK Muhammadiyah Kedungwuni Gelar P5 Bangunlah Jiwa Raga

Wujudkan Siswa Sehat Fisik dan Mental, SMK Muhammadiyah Kedungwuni Gelar P5 Bangunlah Jiwa Raga

Para siswa SMK Muhammadiyah Kedungwuni sedang tadarus bersama di Masjid sekolah.-FOTO -Malikha

RADARPEKALONGAN - SMK Muhammadiyah Kedungwuni menggelar kegiatan P5 ( Project penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang bertajuk bangunlah jiwa raga. Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan siswa SMK Muhammadiyah Kedungwuni yang sehat secara fisik dan mental.

Disampaikan Waka Kesiswaan SMK Muhammadiyah Kedungwuni Awaliya Farah Diba Laila bahwa kegiatan P5 ini merupakan bagian dari struktur kurikulum merdeka. Dimana SMK Muhammadiyah Kedungwuni akan menggelar P5 selama 3 hari dengan 5 aktivitas. 

Diantara projek yang sudah dilakukan yaitu pada hari pertama, Selasa 3 Oktober 2023 SMK Muhammadiyah Kedungwuni sudah melaksanakan senam bersama serta sarapan pagi bersama dengan menu 4 sehat 5 sempurna yang akan dinilai oleh wali kelas masing-masing sebagai upaya menjaga kesehatan fisik. Setelah itu sekolah juga mendatangkan tamu dari Kapolsek dan Babinkamtibmas yang membawakan materi mengenai bullying dan narkoba. Serta dari Koramil Kedungwuni dengan mengambil materi tentang wawasan kebangsaan.

BACA JUGA:Borong Prestasi, SMK Muhamkar Berhasil Gondol Juara 1 MTQ dan juara 3 Tilawah Tingkat Kecamatan

"Projek kali ini kita gelar serempak,artinya projek diikuri dari kelas 10 dan 11," ungkap Bu Awaliyah. 

Hari berikutnya, yaitu Rabu 4 Oktober 2023 kegiatan dilanjutkan dengan membangun spiritualitas siswa melalui sholat Dhuha bersama, tadarus Alquran serta dilanjutkan kajian kesehatan yang bekerjasama dengan tenaga kesehatan RSI Pekajangan. 

"Kajian kesehatan ini bertema Kesehatanku yang membahas tentang kesehatan reproduksi serta kesehatan remaja yang bisa jadi saat ini sedang dialami oleh siswa," imbuhnya.

Ditambahkan olehnya, project terakhir yang akan dilaksanakan pada hari Kamis 5 Oktober 2023 akan mendatangkan narasumber dari Universitas yaitu Unikal dari bapak Fahrudin Eko tentang mental pelajar dalam keseharian.

BACA JUGA:Raih Ragam Prestasi, SMAN 1 Kedungwuni Kembali Torehkan Prestasi Juara 1 Lomba Duta Anti Stunting

"Dari semua projek yang dipilih kami memiliki tujuan untuk membina mental siswa, bergotong-royong terus untuk saling bekerja sama serta bernalar kritis," jelas Awaliyah. 

Pihaknya berharap, dengan kegiatan ini siswa bisa mengambil pelajaran dari setiap kegiatan yang sudah dilakukan sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.(mal)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: