Dijamin Ampuh Banget! 10 Obat Panu Alami Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Dijamin Ampuh Banget! 10 Obat Panu Alami Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

obat panu alami-body studio skincare-@instagram

Cuka sari apel merupakan obat panu alami yang cukup manjur. Cuka sari apel memiliki sifat antijamur. Kamu bisa mencampurkan dua sendok makan ke dalam air hangat dan meminumnya atau mencelupkan bola kapas ke dalamnya dan mengoleskannya ke kulit yang terkena panu.

6.  Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dipercaya bisa bekerja sebagai agen antijamur yang manjur dan dapat menjadi obat panu alami.  Karena mudah meresap di kulit, minyak kelapa juga berguna untuk mengobati kurap kulit kepala. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa pada kulit yang terkena panu tiga kali sehari.

BACA JUGA:7 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan, Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Menjaga Kesehatan Kulit

BACA JUGA:5 Manfaat Air Mawar, Bisa untuk Kesehatan Kulit dan Mata, Obati Luka dan Sakit Kepala

BACA JUGA:8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit, Begini Cara Menggunakannya

7. Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa menjadi alternatif yang manjur untuk mengobati panu secara alami dan cepat hilang. Sebagai obat panu alami, lidah buaya tidak hanya mengobati infeksi tetapi juga menenangkan dan memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan oleh jamur.

8. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C

Asupan vitamin C juga bisa menjadi salah satu obat panu alami lho. Vitamin C (asam askorbat) bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Hal ini tentunya dapat melindungi tubuh kita dari berbagai infeksi. Sistem kekebalan tubuh yang baik juga membantu mengobati infeksi jamur lebih cepat.

9. Minyak Sereh

Obat panu alamu selanjutnya yang bisa kamu coba di rumah adalah sereh. Sereh juga memiliki sifat anti-mikroba sehingga kamu dapat dengan mudah menggunakannya untuk mengobati infeksi jamur.

Cara menggunakan sereh sebagai obat alami panu, yakni campurkan minyak sereh dengan minyak lain. Lalu, oleskan pada daerah yang terinfeksi jamur dengan bola kapas atau kapas dua kali sehari.

10. Makan Yogurt

Obat panu alami yang terakhir yaitu kamu bisa menggunakan yoghurt dan probiotik lainnya yang memiliki banyak bakteri baik yang bisa membantu mencegah banyak infeksi jamur. Sehingga makanan probiotik sangat cocok sebagai obat panu alami. Makanan fermentasi adalah sumber probiotik yang sangat baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: