Baru Bisa Nyetir Mobil, Inilah Antisipasi Ketika Mengalami Rem Blong, Jangan Panik!

Baru Bisa Nyetir Mobil, Inilah Antisipasi Ketika Mengalami Rem Blong, Jangan Panik!

antisipasi ketika mengalami rem blong--Instagram

RADARPEKALONGAN – Salah satu hal yang paling membahayakan ketika mengendarai mobil adalah rem blong, lalu bagaimana antisipasi ketika mengalami rem blong?

Posisi ketika rem mobil blong, biasanya mobil kehilangan efektivitas atau sepenuhnya gagal berfungsi. Nah, kecelakaan bisa saja terjadi karena rem mobil blong, dan tentu saja ini sangat membahayakan pengemudi atau pengguna jalan lain.

Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil memang sudah seharusnya mengetahui bagaimana antisipasi ketika mengalami rem blong, simak informasinya sampai selesai ya guys.

BACA JUGA:Nyari yang Nyaman Tapi Murah, Inilah Mobil Diesel Bekas Murah, Kamu Wajib Punya!

Mengurangi kecepatan ketika terjadi hujan atau melewati jalan basah

Antisipasi ketika mengalami rem blong pertama yang bisa kamu lakukan adalah, mengurangi kecepatan mobil ketika terjadi hujan atau melewati jalan yang basah.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi pemakaian rem berlebihan, dan bisa memicu terkuncinya roda mobil secara mendadak, dan menyebabkan rem blong.

Nah, ketika posisi ban terkunci, ini dapat membuat mobil tergelincir dan sangat sulit sekali untuk dikendalikan, dan akhirnya menyebabkan rem blong dan kecelakaaan.

BACA JUGA:Pas untuk Anak Muda, Inilah Mobil Bekas dengan Konsumsi BBM Irit, Dijamin Terpesona!

Hindari mengerem penuh ketika di turunan panjang

Untuk menghindari terjadinya rem blong, hindarilah mengerem penuh ketika melewati jalan menurun, kamu bisa menggunakan cara engine brake, hal ini bisa menahan kecepatan mobil.

Jika menggunakan mobil dengan transmisi manual, kamu bisa menurunkan transmisi ke gigi yang lebih rendah, sebelum melewati jalan menurun tersebut.

Lalu bagaimana dengan mobil matic? Untuk mobil matic, kamu bisa memindahkan transmisinya ke posisi L, 2 atau 3 dan jangan terlalu sering membuka pedal gas.

Perlu diketahui, jika terlalu sering menggunakan rem di turunan panjang, maka dapat menyebabkan komponen tersebut menjadi panas, dan berujung mengalami rem blong.

BACA JUGA:Tampilannya Mewah, Isuzu Panther Reborn 2023 Dibandrol dengan Harga Murah!

Memeriksa lapisan ketebalan permukaan ban

Perlu kamu ketahui, bahwa ketebalan lapisan permukaan ban itu sangat berpengaruh sekali, terhadap hasil pengereman, apalagi ketika kondisi jalannya licin dan basah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: