7 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan, Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Risiko Kematian

7 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan, Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Risiko Kematian

5 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan, Menurunkan Berat Badan Hingga Menurunkan Risiko Kematian--Freepik.com

Tentu saja manfaat kopi yang satu ini akan kamu dapat dengan lebih optimal jikka turut menerapkan kebiasaan sehat lainnya.

Kamu juga bisa mengoptimalkan daya ingat dengan konsumsi kopi hitam yang cukup karena kemampuan kafein untuk membantumu menyimpan memori jangka panjang.

4. Terhindari dari Risiko Depresi

Tidak hanya kesehatan fisik, rupanya manfaat kopi hitam juga berada pada wilayah kesehatan mental. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa orang yang mengonsumsi empat cangkir kopi setiap hari memiliki angka depresi yang lebih rendah daripada kelompok orang yang hanya mengonsumsi kopi satu cangkir per hari.

Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menemukan berapa tepatnya jumlah asupan kopi yang memberikan manfaat pada wilayah ini agar tidak keliru dan justru menimbulkan masalah kesehatan lain, baik fisik maupun mental.

Baca juga Tersohor di Indonesia! Inilah 7 Jenis Kopi Paling Terkenal dengan Eksotisme Rasanya

5. Terjaganya Kadar Gula Darah

Dalam kopi hitam, terdapat kandungan polifenol yang memiliki peran sebagai antioksidan. Mineral lain yang terkandung dalam kopi juga berkontribusi dalam mencegah penyakit degeneratif, termasuk diabetes tipe 2.

Konsumsi kopi hitam ini dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh berkat kandungan kafein yang meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

6. Kesehatan Hati yang Terjaga

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumi kopi hitam memiliki risiko kematian akibat gangguan hati yang lebih rendah. Satu cangkir kopi akan membuah manusia memiliki risiko gangguan hati yang 15 persen lebih rendah, sedangkan mengonsumsi empat cangkir kopi membuat manusia memiliki risiko 71 persen lebih rendah untuk mengalami gangguan hati.

7. Risiko Kematian yang Menurun

Kualitas hidup yang meningkat merupakan salah satu manfaat kopi hitam bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Berbagai penelitian telah menyimpulkan fakta bahwa meminum kopi dua hingga empat cangkir sekali dapat menurunkan risiko kematian akibat usia maupun berat badan.

Meski manfaat kopi hitam sangatlah beragam dan menguntungkanmu, kamu tetap harus memperhatikan konsumsi kopi hitam agar tidak berlebihan.

Bagaimanapun, konsep konsumsi terhadap apa pun masih sama, yakni tidak ada yang baik dari mengonsumsi secara berlebihan. Imbangi pula dengan gaya hidup sehat, jangan hanya mengendalikan kopi untuk kesehatanmu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: