1.173 Pelamar Daftar Lowongan PPPK Kota Pekalongan

1.173 Pelamar Daftar Lowongan PPPK Kota Pekalongan

Kepala Bidang Pengadaan Informasi dan Pembinaan Pegawai pada BKPSDM Kota Pekalongan, Febry Wahyu Setyaningsih.-Ainul Atho-

KOTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BKPSDM) setempat mencatat, ada ribuan pendaftar yang ikut rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) kategori Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemkot Pekalongan Tahun 2023. Hingga hari terakhir pendaftaran, Rabu (11/10/2023) pukul 23.59 WIB lalu, tercatat sebanyak 1.481 orang telah membuat akun untuk pendaftaran namun hanya ada 1.173 orang pelamar yang telah menyelesaikan pendaftaran (submit).

 

Kepala BKPSDM Kota Pekalongan, Anita Heru Kusumorini melalui Kepala Bidang Pengadaan Informasi dan Pembinaan Pegawai, Febry Wahyu Setyaningsih mengatakan bahwa selama 22 hari proses pendaftaran berlangsung yang dibuka pada 20 September hingga 11 Oktober 2023 ada 1.481 orang yang membuat akun untuk mendaftar dengan rincian 113 orang mendaftar di formasi tenaga guru, 15  formasi tenaga kesehatan (nakes), dan 1.353 formasi tenaga teknis. Namun, dari jumlah tersebut, pelamar yang sudah menyelesaikan pendaftaran (submit) total ada 1.173 orang terdiri dari 110 tenaga guru, 14 tenaga kesehatan dan 1.049 tenaga teknis. 

 

Sebelumnya, Pemkot Pekalongan tahun 2023 ini hanya menerima kuota sebanyak 142 formasi PPPK, yakni dengan rincian 105 formasi tenaga guru, 4 formasi tenaga kesehatan, dan 33 formasi tenaga teknis.

 

"Jadi para calon peserta PPPK yang mendaftar atau membuat akun pada sscasn.bkn.go.id, yang bersangkutan belum tentu menyelesaikan pendaftaran atau melakukan submit, dikarenakan ada kendala-kendala yang tidak bisa mereka penuhi, atau berubah pikiran tidak jadi mendaftar PPPK di Pemkot Pekalongan," ucap Febry saat ditemui di ruang Podcast Kantor BKPSDM Kota Pekalongan, Jumat siang (13/10/2023).

 

Menurutnya, setelah pendaftaran PPPK ini ditutup, saat ini Panitia Seleksi Daerah (Panselda) tengah melakukan proses verifikasi dan validasi seleksi administrasi terhadap lamaran peserta hingga 14 Oktober 2023. Sementara itu, berdasarkan informasi dari BKN selaku Panselnas, pengumuman hasil seleksi administrasi berlangsung mulai 15-18 Oktober 2023. Pengumuman kelulusan seleksi administrasi selain dapat dilihat di website bkpsdm.pekalongankota.go.id atau portal sscasn.bkn.go.id pada akun peserta masing-masing.

 

Febry menyebutkan, 80 persen dari kuota PPPK yang dibuka tahun ini merupakan formasi khusus yang diperuntukkan bagi tenaga non ASN yang sudah bekerja minimal 2 tahun di instansi Pemkot Pekalongan. Adapun selama persyaratan administrasi dipenuhi baik sesuai kualifikasi pendidikan, pengalaman kerjanya minimal 2 tahun, syarat IPK terpenuhi dan sesuai yang dibutuhkan, serta mematuhi aturan admistrasi yang dipersyaratkan tentunya pelamar tersebut berpotensi lolos administrasi atau memenuhi syarat (MS).

 

"Yang tidak Tidak Memenuhi Syarat (TMS) biasanya karena kesalahan-kesalahan kecil atau sepele sebenarnya, misal yang bersangkutan salah ketik, dimana seharusnya surat lamaran ditujukkan untuk Walikota Pekalongan, namun mengetik Bupati Pekalongan. Disamping itu, kesalahan-kesalahan administratif lainnya seperti tidak membubuhkan e-materai, menggunakan materi tempel discan kemudian diupload, dan beberapa persyaratan lain tidak sesuai salah satunya pengalaman kerja tidak sesuai yang dipersyaratkan," pungkasnya.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: