Hanya dengan Rutin Jalan Kaki Dapat Menurunkan Berat Badan, Simak 4 Tips Berikut Ini!

Hanya dengan Rutin Jalan Kaki Dapat Menurunkan Berat Badan, Simak 4 Tips Berikut Ini!

Penting melakukan persiapan sebelum rutin jalan kaki untuk menurunkan berat badan.--Freepik.com

Menentukan durasi dan intensitas berjalan kaki secara rutin sangat penting dilakukan. Hal ini dilakukan sebagai tolak ukur kekonsistenan dalam berolahraga.

Ketika tidak terjadwal dengan baik kita akan cenderung lebih malas, dan seenaknya dalam berolahraga. Karena tidak ada target sebagai acuan dan semangat dalam berolahraga.

Tidak perlu dilakukan setiap hari agar tidak cepat jenuh. Kamu bisa mengatur waktu antara 3 sampai 4 kali jalan kaki rutin setiap minggunya. Dengan durasi yang efektif adalah 45 sampai 60 menit sehari. Kamu bisa memilih waktu antara pagi atau sore hari.

Tetapkan target berjalan kaki secara rutin selama kurang lebih 3 sampai 5 bulan. Sampai kamu bisa melihat efek dari rutin melakukan jalan kaki.

3. Tingkatkan Kecepatan

Seperti disebutkan di awal, bahwa ada sedikit perbedaan teknis antara jalan kaki biasa dengan jalan kaki sebagai olahraga. Kamu perlu meningkatkan kecepatan atau brisk walking dibandingkan dengan jalan kaki biasa. Atau bisa juga disebut dengan teknik jalan cepat.

Karena dengan meningkatkan kecepatan saat berjalan kaki, akan lebih banyak menghasilkan energi kinetik. Selain itu ketika kecepatan meningkat juga akan membuat detak jantung bekerja lebih cepat. Dimana kedua hal inilah yang akan memicu pembakaran kalori lebih banyak.

4. Tambahkan Beban

Untuk lebih banyak mengeluarkan energi, dan membakar kalori, kamu juga bisa menambahkan beban ketika berjalan. Tambahkan beberapa gerakan saat berjalan seperti mengayunkan lengan, dan pastikan berjalan dengan postur tegak. Atau bisa juga dengan membawa berat tambahan seperti ransel berisi air minum, atau pemberat lengan dan kaki.

Untuk menghitung kecepatan dan memastikan berapa kalori yang terbakar, kamu bisa menggunakan smartwatch atau aplikasi pada ponsel. Dan untuk memastikan keamanan serta kenyamanan saat berjalan kaki, gunakan pakaian dan sepatu khusus olahraga.

BACA JUGA:Bisa dengan Jalan Kaki Setiap Hari, Berikut Ini Cara Mengecilkan Perut dengan Cepat

BACA JUGA:Begini 6 Cara Diet Sehat Cepat Turunkan Berat Badan, Salah Satunya Rutin Berolahraga

Nah, itu tadi beberapa tips melakukan jalan kaki secara rutin untuk menurunkan berat badan. Perlu diperhatikan bahwa setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing. Jangan memaksakan diri untuk berjalan kaki dengan durasi atau jarak yang langsung panjang.

Kamu bisa melakukan dengan cara bertahap, dimulai dari durasi waktu 30 menit perhari, jika sudah terbiasa bisa ditambahkan 15 menit dan seterusnya. Hal ini akan membantu tubuh menyesuaikan diri sehingga tidak kaget dan mengurangi resiko cedera karena kelelahan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: