Pentingnya Mengatur Jam Makan saat Diet, Berikut Ini Panduan yang Bisa Diikuti

Pentingnya Mengatur Jam Makan saat Diet, Berikut Ini Panduan yang Bisa Diikuti

Ilustrasi pentingnya mengatur jam makan saat diet.-pvproductions/freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Terkadang saat kita merasa sudah mengurangi porsi makan dan melakukan olahraga, namun merasa berat badan belum juga turun. Barangkali ada satu hal penting yang terlewat yaitu mengatur jam makan saat diet.

Karena definisi pola makan teratur bukan hanya tentang jenis makanan sehat yang dikonsumsi, tetapi juga perlu memperhatikan jam makan yang tepat agar berat badan bisa lebih terkendali.

Pentingnya Mengatur Jam Makan Saat Diet

Jadwal makan yang teratur ini berkaitan dengan proses metabolisme tubuh. Di mana ketika kita sudah merasa mengkonsumsi makanan sehat namun jam makan yang berantakan dapat menyebabkan proses metabolisme yang tidak maksimal.

BACA JUGA:Apa itu Diet Karbo? Diet Anti Ribet dan Banyak Manfaatnya, Salah Satunya Baik untuk Kesehatan Jantung

BACA JUGA:Tinggi Kandungan Serat dan Mudah Dijumpai, 6 Buah ini Bagus Dikonsumsi saat Diet

Salah satu fungsi metabolisme yang seharusnya memproses pembakaran lemak menjadi energi, justru akan semakin menumpuk dikarenakan jam makan yang tidak teratur.

Kekonsistenan jam makan saat diet, dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan menjadi lebih baik. Hal ini karena organ pencernaan kita seperti sudah beradaptasi dengan jadwal yang teratur untuk bekerja, dan memiliki waktu jeda istirahat yang juga konsisten.

Hal ini akan menghindari orang pencernaan bekerja mencerna makanan terlalu keras. Sebaliknya, saat jam makan berantakan akan membuat organ pencernaan bekerja lebih keras di waktu-waktu tertentu, yang dapat menimbulkan beberapa gangguan pencernaan.

Panduan Jam Makan Teratur saat Diet

BACA JUGA:Patut Dicoba, 5 Manfaat Rutin Minum Air Jeruk Nipis Tenyata Bagus Juga Buat Diet Karbo

Kesalahan yang masih sering terjadi ketika diet adalah mengurangi jatah makan, seperti melewati sarapan atau makan malam. Ketika hal ini dilakukan, bukannya berat badan turun malah rentan menimbulkan masalah kesehatan.

Ketika melewati satu kali jam makan, beberapa orang cenderung akan balas dendam di jam makan berikutnya dengan mengkonsumsi kalori lebih banyak. Jadi bukannya kurus, berat badan malah akan semakin bertambah.

Kuncinya, tetaplah makan seperti biasa yang mencakup waktu sarapan, makan siang, dan makan malam. Justru lebih baik makan sering, dengan porsi yang sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: