Jangan Abai! Ini 6 Tips Minum Kopi untuk Dapatkan Manfaat Bagi Kesehatan

Jangan Abai! Ini 6 Tips Minum Kopi untuk Dapatkan Manfaat Bagi Kesehatan

Jangan Abai! Ini 5 Tips Minum Kopi untuk Dapatkan Manfaat Kesehatannya--freepik.com/@wayhomestudio

RADARPEKALONGAN - Konsumsi minuman berkafein bernama kopi bukanlah hal yang baru di telinga. Namun, kamu perlu mengetahui bagaimana cara minum kopi untuk dapatkan manfaat bagi kesehatan.

Minuman yang berasal dari biji kopi ini mengeluarkan daya tarik rasa dan aroma yang tidak bisa ditolak siapa saja. Lebih jauh lagi, kopi juga hadir dengan beragam manfaat untuk para penikmatnya. 

Manfaat kopi bagi kesehatan disebabkan adanya berbagai kandungan dalam kopi yang sangat berguna bagi tubuh.

Berikut merupakan tips minum kopi yang baik agar kamu tidak melewatkan berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh kopi.

Baca juga Sajikan Efek yang Optimal, Ini 5 Waktu Minum Kopi Terbaik dan Tak Harus Pagi Hari!

Hindari atau Kurangi Bahan Pemanis

Jika kamu bukan orang yang menyukai rasa pahit yang pekat pada kopi, kamu mungkin cenderung menambahkan berbagai bahan pemanis seperti susu, gula, krimer, dan pemanis buatan sejenisnya untuk menikmati minuman ini.

Namun, ternyata ini bukanlah cara minum kopi yang baik. Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

Sebagai alternatif bagimu yang tidak bisa mengonsumsi kopi pahit murni, kamu bisa menggunakan pemanis alami yang lebih rendah kalori seperti madu, gula aren, kepala, atau stevia.

Jika memang harus menambahkan gula atau pemanis buatan lain, pastikan kamu tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

Tidak Mengonsumsi Kopi di Atas Jam 2 atau 3 Siang

Meski memiliki berbagai manfaat, kandungan kafein dalam kopi yang kamu konsumsi bisa memicu adanya gangguan tidur jika dikonsumsi kurang dari 6 jam sebelum waktu tidurmu.

Hal ini dikarenakan efek kafein yang membuatmu lebih fokus dan waspada. Oleh karenanya, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi kopi di atas jam 2 atau 3 siang agar kualitas tidurmu tetap terjaga.

Tips minum kopi ini sudah dibuktikan oleh penelitian, bahwa konsumsi 400g kafein pada 6 jam sebelum tidur ternyata dapat mengganggu kualitas tidurmu dan membuat durasi tidurmu berkurang lebih dari satu jam dari biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: