Jangan Abai! Ini 6 Tips Minum Kopi untuk Dapatkan Manfaat Bagi Kesehatan

Jangan Abai! Ini 6 Tips Minum Kopi untuk Dapatkan Manfaat Bagi Kesehatan

Jangan Abai! Ini 5 Tips Minum Kopi untuk Dapatkan Manfaat Kesehatannya--freepik.com/@wayhomestudio

Sebagai jalan pintas bagimu yang tetap membutuhkan kopi di jam-jam tersebut, kamu bisa mengganti konsumsi kopi dengan the yang memiliki kandungan kafein lebih rendah dari biasanya, atau pilih the hijau yang bisa merilekskan pikiranmu.

Baca juga Ada Hari Kopi Sedunia! Ini 5 Fakta Tentang Kopi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Pilih Jenis Kopi Organik

Dari berbagai jenis kopi yang ditawarkan, terdapat kopi yang diproduksi oleh pabrik dan dijual masal, serta ada pula kopi organik yang proses pengolahannya manual dan dijual secara organik.

Untuk tips minum kopi yang lebih sehat, kamu bisa memilih kopi organik untuk dikonsumsi, karena kopi non-organik berasal dari biji yang ditanam dengan bahan kimia seperti pestisida yang berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Beri Campuran Rempah-Rempah

Tips minum kopi yang satu ini sangat cocok untukmu yang tidak menyukai rasa pahit pekat pada kopi. Kamu bisa menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis atau jahe untuk memberikan rasa yang lebih kaya tanpa perlu tambahan gula.

Rempah-rempah juga bermanfaat untuk tubuhmu karena memberikan efek anti-inflamasi dan antioksidan.

Kayu manis menurut penelitian juga dapat membantumu menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan trigliserida.

Tidak Minum Kopi Saat Perut Kosong

Kopi memiliki sifat asam yang tidak cocok dengan kondisi lambungmu yang kosong karena dapat meningkatkan asam lambung dan menciptakan nyeri pada ulu hati.

Terlebih untuk kamu yang memiliki Riwayat sakit mag, hindari minum kopi berlebihan dan tidak mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Saat minum kopi, biasanya kamu mendapatkan efek buang air kecil. Ini diakibatkan oleh efek diuretik pada kopi yang bisa menyebabkanmu kehilangan banyak cairan. Oleh karenanya, pastikan kamu mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk menghidrasi tubuhmu.

Itulah beberapa tips minum kopi yang harus kamu ikuti jika kamu hendak mendapatkan manfaat kopi secara optimal. Ingat selalu untuk menomorsatukan kesehatanmu, ya! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: