Penderita Asam Urat Hindari Dulu Nangka dan Durian, Meski Enak tapi Tinggi Purin

Penderita Asam Urat Hindari Dulu Nangka dan Durian, Meski Enak tapi Tinggi Purin

Nangka dan durian tinggi purin sehingga bisa menyebabkan asam urat.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Asam urat kumat bisa menyiksa. Untuk itu bagi penderita Asam urat wajib tahu makanan tinggi purin yang bisa memicu naiknya Asam urat dalam darah. 

Salah satu makanan yang harus dihindari penderita asam urat ialah buah nangka, baik nangka muda maupun nangka matang. Sebab buah ini tinggi purin. Padahal, buah ini terbilang enak dengan rasanya yang manis.

Buah nangka muda pun banyak diolah sebagai makanan. Salah satunya untuk bahan megono. Salah satu makanan lokal dari Pekalongan, Jawa Tengah. 

Namun tak disangka dibalik kelezatannya ternyata buah nangka tinggi purin. Oleh karena itu, bagi penderita asam urat lebih baik menghindarinya agar penyakitnya tak kambuh.

Hindari pula buah durian, sebab buah dengan cita rasa yang nikmat ini juga tinggi purin. 

Meski minum obat jika masih doyan makan tinggi purin, maka penderita asam urat akan terus kambuh. Untuk itu, selain minum obat usahakan tetap menjaga pola makan yang sehat, terutama hindari makanan tinggi purin agar asam urat tak terus membandel dan mengganggu tubuh kita.

Baca juga:Mampu Meredakan Nyeri Sendi, Inilah 7 Rekomendasi Obat Asam Urat yang Bagus di Apotek

Baca lagi:Atasi Asam Urat dan Asam Lambung, Berikut 14 Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan

Berikut ini makanan tinggi purin yang wajib diketahui oleh penderita asam urat, baik itu buah-buahan, sayuran, daging dan seafood.

1. Nangka

Buah nangka merupakan salah satu jenis buah yang tinggi purin. Penderita asam urat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi nangka, baik nangka matang maupun nangka muda.

2. Durian

Bukan hanya tinggi kolesterol, durian juga tinggi purin. Oleh karena itu, penderita kolesterol dan asam urat mulai sekarang hindari makan buah durian. 

3. Bayam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: