Jangan Belebihan! Minum Kopi Instan Berlebihan Bisa Sebabkan 5 Masalah Ini

Jangan Belebihan! Minum Kopi Instan Berlebihan Bisa Sebabkan 5 Masalah Ini

Ilustrasi minum kopi.-pxhere-

RADARPEKALONGAN - Kbiasaan minum kopi instan berlebihan dapat membawamu bertemu dengan berbagai bahaya yang tidak sebanding dengan kepraktisannya.

Kopi sachet atau kopi bubuk instan bisa menjadi alternatif yang sangat tepat bagi para pecinta kopi, tetapi tidak memiliki cukup waktu dan sumber daya untuk mengunjungi kedai kopi. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa kopi instan memang banyak dipilih karena lebih cepat, murah, dan lebih mudah dibuat dibanding dengan kopi biasa (dengan biji kopi utuh).

Kopi pada dasarnya dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah bisa membuat orang terjaga karena kandungan kafein.

Namun, pernahkah kamu mempertanyakan apakah hal tersebut juga berlaku bagi kopi instan jika diminum setiap hari?

Faktanya, minum kopi instan berlebihan justru bisa menimbulkan berbagai masalah. Simak artikel berikut untuk mengetahui apa saja bahaya minum kopi instan berlebihan.

Baca juga Minum Kopi di Pagi Hari, Tepat atau Tidak?

Tingginya Risiko Obesitas

Bahaya minum kopi instan berlebihan yang pertama adalalah bahwa kopi instan mampu membuatmu rentan mengalami berat badan berlebih hingga obesitas. 

Alasannya karena tambahan gula pada kopi sachet tentu akan meningkatkan asupan kalori harianmu. Dalam 1 gram gula, ada tambahan 4 kkal kalori di dalam kopimu.

Kabar lebih buruknya lagi, satu sachet kopi yang kamu seduh bahkan bisa mengandung gula hingga 13 gram. Artinya, sudah ada tambahan 52 kkal untuk satu sajian kopi instan.

Asupan kalori yang lebih besar daripada jumlah kalori untuk beraktivitas fisik akibat perilaku minum kopi instan berlebihan ini akan membuat berat badan lebih mudah bertambah. 

Meningkatkan Risiko Diabetes

Tidak jauh berbeda dari sebelumnya, bahaya minum kopi instan berlebihan lagi-lagi berasal dari kandungan gula. Bukan hal yang asing bila asupan gula merupakan pemicu risiko munculnya diabetes tipe 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: