Pencuri Isi Kotak Amal Terekam Kamera CCTV, Hanya Butuh Waktu 3 Menit Kuras Isi Kotak Amal

Pencuri Isi Kotak Amal Terekam Kamera CCTV, Hanya Butuh Waktu 3 Menit Kuras Isi Kotak Amal

Pencuri isi kotak amal di Mushola At Takwa di Perumahan Pesona Griya Karanganyar Kabupaten Pekalongan terekam kamera CCTV.-Hadi Waluyo-

KAJEN - Aksi pencurian isi kotak amal di tempat ibadah di Perumahan Pesona Griya Karanganyar, Desa Karangsari, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, terekam kamera CCTV. 

Aksi pencurian isi kotak amal ini terjadi di Mushola At Takwa di Perumahan Pesona Griya Karanganyar, Desa Karangsari, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, pada hari Kamis, 19 Oktober 2023. Aksi pencurian ini terjadi sekitar pukul 13.40 WIB hingga 13.43 WIB. 

Pelaku hanya butuh 3 menit untuk menguras seluruh uang yang berada di dalam kotak amal dengan pengaman gembok di tempat ibadah tersebut. Tampak dalam rekaman CCTV, pelaku masuk ke dalam mushola sekitar pukul 13.40 WIB dan keluar meninggalkan mushola sekitar pukul 13.43 WIB.

Dalam rekaman itu, seorang pria mengenakan celana pendek dan baju lengan panjang sambil membawa tas di punggung berjalan dari sisi timur mushola. Sarung diselempangkan di bahu. Sehingga tampak seperti orang akan melaksanakan salat Dhuhur. 

Baca juga:Berkat CCTV Masjid, Pasutri Pencuri Kotak Amal Dibekuk

Posisi mushola siang itu sudah tertutup. Pintu mushola di kunci. Kebiasaan di mushola ini usai digunakan untuk salat berjamaah, pintu dikunci. Karena sebelumnya memang sering kemalingan.

Namun pria ini tampaknya sudah mengetahui dimana letak kunci disimpan. Ia lalu mengambil kunci dan membuka pintu mushola. Di dalam mushola, pria ini langsung mengincar kotak amal yang berada di dekat pintu masuk. 

Sambil terus mengamati situasi di luar mushola, pria ini mengambil peralatan yang telah disiapkan di dalam tasnya. Hanya dalam itungan satu menit, pria ini mampu membobol gembok pengaman kotak amal. Selanjutnya ia menguras uang yang berada di dalam kotak amal tersebut.

Dengan tenangnya, pria ini keluar mushola menuju ke arah sepeda motor yang diparkir di halaman mushola. Tak lama, ia pun meninggalkan mushola tersebut.

Baca lagi:Terlalu, Pengangguran di Kendal Ini Mencuri Kotak Amal Majid, Dapat 3 Juta untuk Foya-foya di Lokalisasi

Noto (45), muazin Mushola At Takwa, Minggu, 22 Oktober 2023, mengatakan, usai salat Duhur, sekitar pukul 13.00 WIB, mushola sudah dikunci. Sekitar pukul 15.00 WIB atau waktu Ashar baru dibuka kembali. "Pelaku beraksi sekitar pukul 14.00 WIB saat mushola sepi. Aksinya terekam CCTV," kata dia.

"Wajahnya asing. Bukan orang sini," kata dia.  

Aksi pencuri uang kotak amal dan amplifier di mushola At Taqwa Perumahan Pesona Griya Desa Karangsari, Kecamatan Karanganyar, pada Januari 2020 juga terekam kamera CCTV. Alhasil dalam kurun waktu sebulan, pelaku AR (43), warga Dukuh Paesan Selatan RT 03 RW 08, Kelurahan Kedungwuni Barat, Kecamatan Kedungwuni, berhasil diciduk oleh tim Buser Polres Pekalongan.

Tersangka diamankan bersama sejumlah barang bukti hasil kejahatan berupa uang, amplifier, kotak amal dan uang tunai. Dalam aksinya, tersangka masuk ke Mushola At Taqwa berpura-pura untuk menunaikan sholat Dhuhur. Namun setelah mengetahui kondisi sepi, pelaku langsung menggasak kotak amal dan amplifier.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: