Mampu Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh, Berikut 8 Manfaat Vitamin B12 untuk Kesehatan

Mampu Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh, Berikut 8 Manfaat Vitamin B12 untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin B12--freepik.com

RADARPEKALONGAN - Tidak banyak orang yang mengetahui pentingnya vitamin B12 bagi tubuh. Mari kenali manfaat vitamin B12, serta cara mengonsumsinya dan kenali efek sampingnya!

Salah satu tips makan sehat adalah mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin, seperti vitamin B kompleks. Berbagai jenis vitamin B kompleks memiliki manfaat yang beragam bagi tubuh. Lantas, apa saja manfaat dari vitamin B kompleks ini?

Jadi, vitamin B-kompleks adalah kelompok nutrisi yang memiliki peran penting dalam mendukung kinerja tubuh.

Ada 8 jenis vitamin B kompleks, antara lain: B1 (tiamin). B2 (riboflavin). B3 (niasin). B5 (asam pantotenat). B6 (piridoksin). B7 (biotin). B9 (asam folat). B12 (kobalamin).

BACA JUGA:Jaga Kekebalan Tubuh Tetap Kuat dan Membuat Tubuh yang Sehat, Inilah 5 Vitamin Blackmores Terbaik

BACA JUGA:Dari Ekstrak Tanaman Valerian Terbaik, Inilah 8 Pilihan Merek Vitamin untuk Tidur Nyenyak Anti Insomnia!

Nah, berikut ini ulasan mengenai manfaat vitamin B12, simak baik-baik ya!

1. Pembentukan Sel Darah Merah

Vitamin B12 sangat penting dalam pembentukan sel darah merah yang sehat. Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh dan mengangkut karbon dioksida keluar.

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, di mana tubuh tidak dapat menghasilkan cukup sel darah merah yang sehat, menyebabkan gejala seperti kelemahan, kelelahan, dan pusing.

2. Metabolisme Energi

Vitamin B12 juga berperan dalam metabolisme energi. Ini membantu tubuh untuk memecah makanan menjadi energi yang digunakan oleh sel-sel tubuh. Orang dengan defisiensi vitamin B12 mungkin mengalami kelelahan dan penurunan energi yang signifikan.

3. Fungsi Saraf yang Sehat

Vitamin B12 berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf. Ini membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan sel saraf, serta berperan dalam produksi mielin, pelindung alami yang melapisi serat saraf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: