Mampu Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh, Berikut 8 Manfaat Vitamin B12 untuk Kesehatan

Mampu Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh, Berikut 8 Manfaat Vitamin B12 untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin B12--freepik.com

4. Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin B12 juga berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh. Ini dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit, serta mendukung fungsi sistem kekebalan yang efisien.

5. Mencegah Demensia

Manfaat lain dari vitamin B12 adalah mencegah demensia. Perlu diingat, demensia berbeda dengan pikun. Demensia dapat berdampak pada aktivitas sehari-hari penderitanya, mulai dari gaya hidup hingga kemampuan bersosialisasi.

6. Meredakan Gejala Stres dan Depresi Ringan

Vitamin B12 diketahui dapat mengobati stres ringan dan gejala depresi. Dengan vitamin jenis ini, hormon serotonin dapat dimetabolisme. Sehingga hormon tersebut dapat menstabilkan emosi dan memunculkan perasaan tenang dan bahagia.

7. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Orang yang kekurangan zat besi dapat mengalami gangguan jantung dan paru-paru. Karena, zat besi penting dalam pembentukan sel darah merah yang dapat menyebabkan terganggunya pembentukan hemoglobin. Sehingga penyebaran oksigen ke seluruh tubuh bisa terganggu.

8. Meningkatkan Kesehatan Rambut, Kulit dan Kuku

Terakhir, manfaat vitamin B12 juga penting dalam menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku. Vitamin B12 membantu meregenerasi sel-sel kulit baru, sehingga menghasilkan kulit yang lebih sehat.

Tidak hanya itu, vitamin B12 bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah dari penuaan dini, mengurangi risiko perubahan warna kuku, vitiligo (kehilangan warna kulit pada bercak-bercak), serta stomatitis angularis (radang dan patah pada sudut). Kelebihan dosis vitamin B12 juga menyebabkan selalu merasa sangat haus atau dehidrasi.

BACA JUGA:Rekomendasi obat dan Vitamin agar Tidur Nyenyak untuk Hidup Lebih Bugar

BACA JUGA:Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Inilah 8 Manfaat Vitamin B1, Mengubah Makanan Menjadi Energi

Nah itulah segudang fakta tentang vitamin B12. Tanpa disadari, manfaat dan fungsi vitamin B12 untuk tubuh sangat banyak.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin B12. Jauhi makanan yang tidak sehat dan jaga pola hidup serta pola makan yang sehat mulai dari sekarang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: