Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Inilah 8 Manfaat Vitamin B1, Mengubah Makanan Menjadi Energi

Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Inilah 8 Manfaat Vitamin B1, Mengubah Makanan Menjadi Energi

Manfaat Vitamin B1 untuk kesehatan tubuh--freepik

RADARPEKALONGAN - Ini dia manfaat vitamin B1 untuk kesehatan tubuh. Vitamin B pertama yang ditemukan oleh para ilmuwan ini membantu kita merasa lebih berenergi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin B1 memainkan peran penting dalam menghasilkan energi, yang pada gilirannya mempengaruhi fungsi psikologis dan kognitif tubuh. Vitamin B1 juga dapat mencegah beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Vitamin ini sangat penting untuk metabolisme glukosa, serta berperan penting dalam fungsi saraf, otot, dan jantung. Vitamin B1 juga tergolong vitamin yang larut dalam air. Nah, kelebihan vitamin ini akan terbawa melalui aliran darah ke dalam urin.

BACA JUGA:Anti Insomia! 7 Mineral dan Vitamin untuk Tidur Nyenyak, Ampuh Atasi Overthingking

BACA JUGA:Inilah Merek Vitamin untuk Susah Tidur Agar Bisa Nyenyak dan Pulas

Fungsi & Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti vitamin B-kompleks lainnya, Vitamin B1 juga sering disebut sebagai vitamin "anti stres". Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan vitamin ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menghadapi kondisi stres.Stres sendiri merupakan salah satu faktor yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin B1 juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh kita melawan berbagai infeksi dan penyakit. Memastikan asupan tiamin yang cukup dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat dan kuat.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tiamin adalah kunci untuk produksi asetilkolin, sejenis neurotransmitter yang membantu tubuh menyampaikan pesan antara saraf dan otot.

Tanpa asetilkolin ini, jantung tidak dapat bekerja dengan baik. Detak jantung menjadi tidak teratur yang kemudian mengganggu fungsi jantung dan membahayakan kesehatan tubuh.

3. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Vitamin B1 sangat baik untuk kelancaran sistem pencernaan. Vitamin ini membantu mengatur produksi asam klorida (HCl), yaitu salah satu komponen yang membantu memecah ikatan asam amino sehingga pencernaan menjadi lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: