Serupa Tapi Tak Sama! Ini 4 Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika

Serupa Tapi Tak Sama! Ini 4 Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika

Serupa Tapi Tak Sama! Ini 4 Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika yang Abai Dikenali--freepik.com

Perbedaan kopi robusta dan arabika juga ada pada cita rasanya, di mana kopi robusta memiliki rasa yang lebih kuat, pahit, dan kasar dibandingkan dengan kopi arabika. Rasa kopi ini juga sering dihubungkan dengan cokelat, kacang-kacangan, dan rempah-rempah, serta memiliki aftertaste yang lebih tajam.

Hal ini berbeda dengan kopi arabika yang rasanya lebih kompleks, memiliki cita rasa asam yang lembut, serta aroma yang halus. Kopi jenis ini juga memiliki rasa yang variatif, mulai dari rasa manis, buah-buahan, bunga hingga cokelat.

Kegunaan

Kopi robusta merupakan jenis kopi yang sangat sering ditemui dalam campuran kopi, seperti kopi instan, kopi espresso yang kuat, dan dalam penciptaan kopi-kopi dengan ciri khas rasa pahit yang lebih kuat.

Sedangkan kopi arabika secara khusus digunakan untuk membuat kopi espresso, gourmet, dan kopi khusus tertentu. Cita rasa halus dan kompleks yang dimiliki oleh kopi arabika membuatnya cocok untuk dinikmati tanpa tambahan gula, susu, dan pemanis lainnya.

Baca juga Minum Kopi di Pagi Hari, Tepat atau Tidak?

Itulah beberapa perbedaan kopi robusta dan arabika yang membuat keduanya tidak lagi terlihat sama. Bagi kamu pecinta kopi dan pemula yang ingin memperdalam dunia perkopian, pengetahuan yang satu ini tentu sangat penting, bukan? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: