Mengenal Kopi Robusta Lampung, 5 Fakta Kopi Indonesia dengan Karakter Rasa Uniknya

Mengenal Kopi Robusta Lampung, 5 Fakta Kopi Indonesia dengan Karakter Rasa Uniknya

Mengenal Kopi Robusta Lampung, 5 Fakta Kopi Indonesia dengan Karakter Rasa Uniknya--freepik.com

Badan Pusat Statistik (BPS) bahkan mendapatkan data bahwa Provinsi Lampung berhasil memproduksi 110.570 juga ton kopi robusta pada tahun 2018. Ini membuat kopi Lampung menjadi kopi yang diproduksi paling banyak kedua di Indonesia.

Wilayah Penghasil Kopi Robusta Lampung

Kopi robusta berasal dari tumbuhan coffea canephora yang memiliki karakter kuat, hal ini membuat kopi yang dihasilkan disebut sebagai ‘robust’ yang memiliki arti kuat.

Meski begitu, kopi ini juga memiliki spesifikasi tertentu agar bisa tumbuh dengan baik, yakni di wilayah dengan sushu sekitar 24 derajat celcius hingga 30 derajat celcius.

Sedangkan lokasi yang membuat kopi robusta tumbuh lebih subur adalah lokasi dengan ketinggian sekitar 100 hingga 800 meter di atas permukaan laut.

Baca juga Jangan Belebihan! Minum Kopi Instan Berlebihan Bisa Sebabkan 5 Masalah Ini

Cara Menikmati Kopi Robusta Lampung

Dikenal dengan cita rasa pahit yang dimiliki, kopi robusta dari Lampung ini memiliki cita rasa pahit yang lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis kopi Indonesia yang lainnya, seperti arabika dan liberika. Dengan rasa yang khas ini, kamu bisa menikmatinya dengan berbagai cara.

Menyeduh menggunakan mesin espresso, di mana kamu bisa menggunaan kopi espresso manual untuk menggiling kopi hingga halus. Setelahnya, kamu bisa melewati proses ekstrasi yang akan terasa intens dan membuat kopi ini cocok menjadi bahan dari kopi lainnya, seperti cappuccino dan latte.

Menjadikannya kopi cold brew, di mana cold brew adalah penyeduhan kopi dengan air dingin. Proses ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan ekstraksi kopi yang lebih maksimal.

Mencampur dengan susu dan krim, ini sangat tepat untukmu yang tidak terlalu menyukai rasa pahit yang berlebihan dari kopi. Namun, kamu perlu mengatur takaran susu dan krim agar tepat dengan rasa pahit kopi.

Nah, itulah ulasan tentang kopi robusta Lampung yang sering dianggap sebagai salah satu jenis kopi primadona khas Indonesia. Sudahkah kamu menikmati olahan kopi dengan jenis yang satu ini? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: