Inilah Makanan Sumber Vitamin A yang Bisa Membantu Mencegah Penuaan Dini

Inilah Makanan Sumber Vitamin A yang Bisa Membantu Mencegah Penuaan Dini

Makanan Sumber Vitamin A--unsplash.com

4. Wortel

Wortel merupakan sayuran dengan sumber karotenoid atau beta karoten, serat, kalium, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Oleh karena itu, wortel sering dijus untuk membantu menyehatkan mata, menjaga kesehatan kulit, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Wortel memiliki warna oranye yang sangat pekat yang kaya akan beta-karoten.

Dalam 100 gram, wortel rebus mengandung sebanyak 8.330 mcg beta-karoten atau setara dengan 694 mcg vitamin A. Wortel juga kaya akan lutein dan zeaxanthin, sejenis antioksidan yang baik untuk melindungi mata dari paparan sinar biru yang berbahaya.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber vitamin A yang lezat dan sehat. Makanan ini mengandung beta-karoten yang tinggi, memberikan warna oranye yang khas. Selain itu, ubi jalar juga kaya serat dan berbagai nutrisi lainnya.

6. Bayam

Bayam dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan zat besi di dalamnya. Tidak hanya itu, 100 gram sayuran hijau ini juga mengandung vitamin A sebesar 306 mcg.

Bayam juga mengandung beta-karoten sebesar 3.670 mcg. Betakaroten merupakan provitamin A. Setelah diserap oleh tubuh, betakaroten kemudian diubah menjadi vitamin A.

7. Telur Rebus

Siapa sangka makanan yang mudah ditemukan ini adalah makanan yang mengandung vitamin A tinggi? Terdapat 90 mcg vitamin A dalam sebutir telur rebus.

Telur juga kaya akan kolin yang baik untuk menjaga kesehatan saraf, meningkatkan kekuatan lapisan pelindung di dalam sel, dan menyuplai senyawa untuk otak agar dapat berfungsi dengan baik. Telur juga kaya akan nutrisi protein yang baik untuk membangun dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

8. Selada

Sayuran yang kaya air ini mengandung vitamin A yang tinggi, yaitu 436 mcg per 100 gram. Selada juga kaya akan serat, yang baik untuk melancarkan buang air besar dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Sayuran ini kaya akan folat yang dibutuhkan untuk menyehatkan ibu hamil dan janin. Tak ketinggalan, selada kaya akan vitamin A yang dapat mempercepat penyembuhan luka dan memadatkan tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: