Mengenal Defisit Kalori, Ini Dia Penjelasan dan 3 Cara Defisit Kalori

Mengenal Defisit Kalori, Ini Dia Penjelasan dan 3 Cara Defisit Kalori

Ilustrasi merencanakan defisit kalori untuk menurunkan berat badan.-Freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Salah satu kunci keberhasilan dari program diet yang dijalani adalah melakukan defisit kalori. Dengan cara mengurangi kebutuhan asupan kalori harian menjadi lebih sedikit ketika sedang diet.

Namun perlu diperhatikan cara defisit kalori yang baik dan benar. Tidak hanya mengurangi makanan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat defisit kalori.

Apa Itu Defisit Kalori?

Defisit kalori adalah pola makan dengan mengurangi asupan kebutuhan kalori harian untuk menurunkan berat badan. Dengan diimbangi aktivitas gerak yang cukup agar terjadi pembakaran kalori yang lebih banyak.

BACA JUGA:Gampang Lapar? Ini 6 Cara Bikin Perut Kenyang Lebih Lama Saat Diet

BACA JUGA:Tidur Bisa Bikin Kurus? Ini 6 Cara Tidur Bisa Bantu Membakar Lemak Lebih Banyak

Kebutuhan kalori kita tercukupi lewat asupan makanan yang kita konsumsi. Maka dari itu ketika defisit kalori adalah dengan cara mengurangi porsi makan harian.

Yang perlu diperhatikan, defisit kalori tidak hanya sekedar mengurangi porsi makan, misal yang tadinya satu piring penuh menjadi setengah piring. Tapi juga harus memperhatikan kandungan gizi dari apa yang kita makan.

Cara Melakukan Defisit Kalori

Jika kamu sedang dalam program penurunan berat badan dan ingin mulai melakukan defisit kalori, hal yang paling awal untuk dilakukan adalah ketahui dulu kebutuhan kalori harian. Kamu bisa konsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi, dan hitung berapa kebutuhan kalori harianmu.

BACA JUGA:Inilah 10 Buah untuk Diet, Efektif Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu Cepat

Setelah itu baru mulai rencanakan defisit kalori seperti apa yang diinginkan. Untuk rata-rata kalori yang perlu dikurangi ketika sedang defisit kalori adalah sekitar 500 kkal dari kebutuhan kalori harian.

Saat defisit kalori, ada 3 cara yang dapat dilakukan. Berikut penjelasannya.

1. Mengurangi Porsi Makan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: