9 Cara Cepat Tidur Nyenyak Tanpa Ketergantungan Minum Suplemen dan Obat

9 Cara Cepat Tidur Nyenyak Tanpa Ketergantungan Minum Suplemen dan Obat

Cara Cepat Tidur Nyenyak --Freepik.com

Cara cepat tidur nyenyak salah satunya adalah mematikan lampu. Tidur dalam posisi gelap akan membuat kamu bisa tertidur lelap. 

Melansir dari studi Indian Journal of Experimental Biology mengatakan kalau tempat gelap bisa memproduksi hormon melatonin. 

Hormon ini dapat membuat tidur nyenyak. Sebaiknya jika kamu ingin tidur nyenyak, matikan lampu dan tidur dalam posisi gelap. 

4. Baca Buku Sebelum Tidur

Kamu bisa membaca buku sebelum tidur. Baca buku sebelum tidur membantuk kamu berpikir rileks dan beraturan. 

Melansir dari National Library of Medicine mengatakan kalau baca buku bisa membuat tertidur pulas. Bacalah buku fisik yang belum terselesaikan. 

5. Menghitung

Menghitung juga bisa membuat tidur nyenyak. Misalnya menghitung dari 1 samoai seratus.

Dengan cara menghitung ini bisa memicu rasa kantuk. Sehingga bisa mengalihkan pikiran yang cemas dan tidak jelas. 

6. Olahraga Kecil

Salah satu cara cepat tidur nyenyak adalah dengan melakukan yoga dan meditasi. Meditasi ini dapat melepaskan pikiran yang kusut dan stres. 

Melakukan yoga bisa memabantu menenangkan pikiran lewat pengaturan nafas. Penelitian sudah membuktikan kalau meditasi dan yoga ini bisa meningkatkan kualitas tidur. 

7. Hindari Tidur Siang

Tidur siang dapat memicu insomnia di malam hari. Hal ini sudah terbukti melalui penelitian yang dilakukan oleh kampus Amerika terhadap 400-an mahasiswanya. 

Mereka yang tisur siang memiliki risiko insomnia di malam harinya. Maka dari itu melalui penelitian tersebut hindari tidur siang yang akan membuatmu insomnia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alodokter