Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Tiap Hari Jumat, Akan Diselamatkan dari Fitnah Dajjal

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Tiap Hari Jumat, Akan Diselamatkan dari Fitnah Dajjal

Tiap hari Jumat disunnahkan membaca surat Al Kahfi karena banyak keutamaannya.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Setiap muslim ditekankan untuk membaca surat Al Kahfi pada setiap hari Jumat. Keutamaan membaca surat Al Kahfi tiap hari Jumat diantaranya dia akan selamat dari fitnah dajjal.

Pendakwah Ustadz Khalid Basalamah di kanal Youtube Khalid Basalamah Official dengan judul 'Keutamaan Membaca QS Al-Kahfi di Hari Jumat - Khalid Basalamah', dilihat pada Jumat, 27 Oktober 2023, menyampaikan keutamaan membaca surat Al Kahfi tiap hari Jumat. Diantaranya kata Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, "Siapa membaca Al Kahfi di malam Jumat Allah akan berikan cahaya antara dia dengan Ka'bah".

"Dalam riwayat lain, 'Siapa yang membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat dia akan selamat dari fitnah dajjal'". kata Ustadz Khalid.

Di Al Kahfi apa yang sedang diceritakan? Di beberapa ayat pertama adalah keyakinan yang dibangun oleh Allah Ta'ala bagaimana seseorang muslim yakin Alquran ini benar. Lalu berpegang teguh pada apa yang ada di dalamnya, baik informasi maupun hukum-hukum yang sudah terjadi sebelumnya, yang sedang terjadi di zaman sekarang, dan yang akan terjadi di masa akan datang.

Baca juga:Sudahkan Baca Surah Al Kahfi Hari Ini? Berikut 6 Amalan Sunah di Hari Jumat

Dan semua yang dibutuhkan dalam roda kehidupan di muka bumi ini, lanjut Ustadz Khalid, dari sisi sosialnya, ekonominya, politiknya, semuanya ada dalam Alquran. 

Kemudian mulailah Allah subhanahu Ta'ala memberikan gambaran kisah yang unik sekali. Yakni kisah tentang Ashabul Kahfi. Kisah tentang tujuh orang anak muda yang beriman kepada Allah. Di zaman pada saat itu, semua orang tidak ada yang beriman kepada Allah.

"Lalu untuk membawa keyakinan mereka ini, bahwasanya memang ada Tuhan Allah. Mereka selamatkan diri ke gua dan akhirnya Allah Ta'ala menyelamatkan mereka," tuturnya. 

Allah Ta'ala tidurkan mereka selama 309 tahun di dalam gua tersebut. Dalam kondisi tubuh mereka tidak rusak. 

"Dan Allah suruh kita itu untuk ulang-ulangi kisah ini setiap Jumat. Renungi kisah itu. Bahwasanya keyakinan akan membawa kepada keselamatan. Yakni keyakinan kepada Allah subhanahu wa ta'ala," tandasnya.

Baca lagi:Yuk Sempatkan Diri Banyak Berdoa di Hari Jumat, Satu Keutamaan Hari Jumat Ada Waktu Mustajab untuk Berdoa

Keutamaan membaca Surat Al Kahfi tiap hari Jumat begitu luar biasa. Namun masih banyak orang Islam yang lalai dari amalan sunnah ini ketika malam Jumat atau hari Jumat. 

Bisa jadi sebagian orang memang belum mengetahui amalan ini. Padahal, keutamaan membaca surat Al Kahfi adalah suatu yang dianjurkan di hari Jumat, karena pahala yang begitu besar.

Dilansir dari Rumaysho, hadits-hadits yang membicarakan keutamaan membaca surat Al Kahfi tiap hari Jumat diantaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: