Cara dan 4 Manfaat Memadukan Olahraga Kardio dengan Angkat Beban, Solusi Berat Badan Ideal!

Cara dan 4 Manfaat Memadukan Olahraga Kardio dengan Angkat Beban, Solusi Berat Badan Ideal!

Ilustrasi manfaat memadukan olahraga kardio dan angkat beban, olahraga happy dan badan lebih bugar.-Freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Ternyata ada banyak manfaat dari memadukan olahraga kardio dan angkat beban. Keduanya adalah olahraga yang cukup populer dan digandrungi oleh para pejuang berat badan ideal.

Olahraga kardio dapat membakar lemak dalam waktu yang lebih cepat. Bekerja membakar lemak lewat irama gerakan yang memicu kerja jantung dan mengandalkan lebih banyak oksigen yang dihirup.

Hal ini akan meningkatkan proses metabolisme dan pembakaran lemak. Contoh olahraga kardio seperti bersepeda,joging, senam, dan berenang.

Sedangkan saat latihan angkat beban akan efektif membentuk massa otot, sehingga pembakaran lemak tidak hanya terjadi ketika latihan saja, tetapi tetap berlangsung di luar jam latihan. Hal ini yang akan membuat berat badan lebih stabil, tidak gampang naik lagi.

BACA JUGA:Simpel dan Praktis! 6 Gerakan Olahraga Kardio untuk Menurunkan Berat Badan yang Bisa Dilakukan di Rumah

BACA JUGA:Praktis Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 4 Jenis Latihan Angkat Beban Menurunkan Berat Badan untuk Pemula

Jadi, antara olahraga kardio dan angkat beban sama-sama dapat membakar lemak dengan kelebihan dan efeknya tersendiri. Masing-masing kelebihan dari olahraga kardio dan angkat beban bisa kamu dapatkan sekaligus dengan cara memadukan dua jenis olahraga ini.

Kamu bisa menjadwalkan dalam waktu 1 minggu untuk melakukan latihan kardio dan angkat beban secara bergantian. Tentunya dengan perencanaan dan teknik yang benar karena tidak bisa sembarangan.

Cara Memadukan Olahraga Kardio dan Angkat Beban

Meski dalam perencanaan jadwal olahraga kali ini akan memadukan dua jenis olahraga yaitu kardio dan angkat beban, pasti masing-masing orang memiliki kecenderungan jenis olahraga yang dilakukan sebelumnya. Agar tubuh bisa menyesuaikan adanya perubahan, kamu bisa mulai dengan cara berikut ini.

BACA JUGA: Jangan Bingung Lagi, Inilah 6 Cara Mengatur Pola Makan untuk Diet Pemula yang Efektif Turunkan Berat Badan

Jika sebelumnya lebih sering melakukan kardio, mulailah mengambil lebih banyak waktu istirahat untuk dimasuki latihan angkat beban, dengan menggunakan beban atau dumbbell yang ringan dulu.

Dan jika sebelumnya lebih aktif melakukan angkat beban, maka mulailah turunkan berat beban yang digunakan, dan pangkas waktu beristirahat untuk mulai dimasuki latihan kardio.

Misal jika sebelumnya jeda istirahat waktu antar latihan adalah satu hari, maka 30-60 menit dari waktu istirahat gunakan untuk latihan kardio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: