Apa Itu Osteoporosis? Bagaimana Gejala dan Penyebab Osteoporosis, Ini Cara Mengobatinya

Apa Itu Osteoporosis? Bagaimana Gejala dan Penyebab Osteoporosis, Ini Cara Mengobatinya

apa itu osteoporosis-ilustrasi seorang kakek terkena gejala osteoporosis-Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui apa itu osteoposis dan apa penyebab osteoporosis. Padahal ilmu tentang penyakit tulang, termasuk osteoposis ini sangat penting dipelajari.

Namun, bagi kalian yang belum mengetahui apa itu osteoporosis, kalian tidak perlu khawatir. Karena di sini kami akan memberikan mengenai pengertian dari osteoporosis, penyebab, dan gejalanya.

Apa Itu Osteoporosis?

Osteoporosis ini merupakan penyakit akibat menurunnya kepadatan tulang dan  penurunan kemampuan regenerasi tulang bagian dalam serta ketidakmampuan mengatur kandungan mineral di dalam tulang.

Sehingga, osteporosis ini sudatu kondisi dimana kepadatan tulang berkurang dan menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah retak atau patah.

BACA JUGA:Jaga Orang Tuamu! Inilah Makanan untuk Lansia Terbaik, Ampuh Cegah Penyakit

BACA JUGA:Inilah Daftar Merk Vitamin Mata Terbaik, agar Mata Tetap Sehat dan Jelas

Pada dasarnya, osteoporosis ini tidak menimbulkan gejala. Oleh karena itu biasanya penyakit ini akan disadari oleh penderitanya ketika penderitanya mengalami cedera.

Maka dari itu, penyakit ini juga dikenal dengan istilah penyakit sunyi atau silent disesase yang mana pengidap tidak merasakan gejala apapun pada tahap awal penyakitnya.

Menurut pusat data dan informasi Kementerian Kesehatan RI, penyakit tulang osteoporosis ini diklasifikasikan menjadi dua jenis. Berikut ini kedua jenis osteoporosis yang wajib kalian ketahui

1. Osteoporosis Primer

Osteoporosis primer merupakan jenis osteoporosis yang terjadi pada wanita pascamenopause dan wanita atau pria yang berusia lanjut.

Osteporosis primer ini terjadi akibat penurunan hormon estrogen pada usia lanjut atau setelah menopause yang memicu pengeroposan tulang.

BACA JUGA:5 Produk Obat Penurun Darah Tinggi di Apotek dengan Harga Murah Mulai dari Rp3.000-an

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: