Diet DASH: Daftar Buah yang Baik sebagai Menu Makanan untuk Darah Tinggi

Diet DASH: Daftar Buah yang Baik sebagai Menu Makanan untuk Darah Tinggi

menu makanan untuk darah tinggi-freepik.com-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Penambahan buah ke dalam menu makanan untuk darah tinggi, sangatlah dianjurkan. Sebab buah adalah makanan yang sangat menyehatkan untuk kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. 

Jika bicara tentang kesehatan, salah satu hal yang biasanya perlu dikontrolkan adalah tekanan darah. Nah tekanan darah yang diharapkan adalah yang dapat menunjukkan angka normal yaitu 120/80 mmHg. 

Namun tidak jarang pada kondisi tertentu seseorang akan mengalami tekanan darah tinggi, di mana tensi darah biasanya mencapai angka 140/90 mmHg. 

Penyebab terjadinya hipertensi sendiri adanya berbagai faktor yaitu gaya hidup yang kurang sehat, suka makan makanan cepat saji yang mengandung banyak garam, konsumsi alkohol, merokok, kurangnya olahraga serta stres.

BACA JUGA:Mengenal tentang Diet DASH, Benarkah Diet yang Satu ini Dapat Mencegah Tekanan Darah Tinggi?

BACA JUGA:Punya Tekanan Darah yang Tinggi? Coba Menu Diet DASH Seminggu Ini Cocok untuk Penderita Hipertensi

Nah jika kondisinya seperti tadi tekanan darah menjadi tinggi. Untuk itu, para penderita hipertensi ini sebaiknya disarankan untuk menjalankan diet, supaya nantinya tidak menimbulkan beberapa penyakit yang lebih kronis. Diet yang sangat dianjurkan untuk dilakukan adalah diet DASH

Dalam diet DASH ini ada pola makan yang difokuskan yaitu mengurangi konsumsi natrium atau sodium, dan memperbanyak sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian serta buah-buahan. 

Nah karena terdapat buah-buahan ini, maka kamu harus mengetahui buah yang baik yang dapat dijadikan menu makanan untuk darah tinggi. 

1. Buah bit

Buah bit adalah salah satu buah yang memiliki senyawa nitrat. Nah nitrat inilah yang nanti dapat membantu memperlebar pembuluh darah. 

BACA JUGA:8 Makanan Rendah Lemak untuk Diet, Cocok untuk Mengurangi Berat Badan

BACA JUGA:Bikin Makanan untuk Diet Sehat dengan 5 Pemanis Alami Pengganti Gula, Dijamin Lebih Aman

Apabila terjadi pelebaran buluh darah ini, maka aliran darah pun bisa lebih lancar dan risiko terjadinya tekanan darah tinggi akan lebih rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: